Kambuh, dan Kepercayaan Diri itupun Runtuh

Yuhu Brosis,
sebelumya ADB meminta maaf nih, artikel pagi ini gak ada tips. Soalnya sejak semalam, Anxiety ADB kambuh. Hehehe.
Lho kenapa itu kok bisa kambuh? katanya sudah 4 bulan ini tidak kambuh? Iya nih, akhir-akir ini ADB banyak fikiran. Dampak lebih dalam dari stress nih. Dan juga soal faktor kecemasan yang sulit ADB redam lagi. Gak kaya biasanya nih, biasanya sangat mudah dikontrol. Entahlah dengan semalam.

Kepercayaan diri yang sudah berbulan-bulan ADB bangun pada diri sendiri seakan tak berarti Brosis. Inilah mengapa, dimana-mana, mencegah lebih baik daripada mengobati, dalam kasus serangan panik ini, lebih baik mencegah daripada mengontrol ketika kambuh. Hehehe.
Woi, ditanya dari tadi kenapa kok bisa kambuh ora dijawab.!!! Wahaha, iyo lupa Brosis. Gini nih ceritanya, Istri ADB saat ini sedang hamil kan, usia kandunganya memsuki usia 32 minggu. NAh, akhir -akhir ini sering kali mengeluh itu mules di perutnya Brosis. Mungkin bagi orang yang tidak punya kecemasan berlebihan, bilag, itu normal Bro. Dulu istriku juga gitu. Ibunda ADB pun bilang itu normal. Tapi dasar ADB adalah orang dengan gangguan kecemasan yang berlebih, maka dataglah itu tamu yang tak diundang. Si Serangan Panik yang bikin lemes dan tremor dimana-mana. Fikiran buruk mulai datang. ADB merasakan takut kalau terjadi apa-apa dengan Istri ADB. HUft, perasaan yang sama saat usia kandungan Istri ADB masih awal-awal dulu. ADB yang awalnya PD, brangsur hilang PD itu.
Kalau sekarang bagaiman Bro? Alhamdulillah udah baikan. BIsa dikontrol tapi tidk segampang biasanya. Percaya diri juga belum tumbuh. Saat saat Kepercayaan diri belum tumbuh inilah individu rentan terkena serangan lagi, IMHO biasanya sih gitu Brosis.

At last, apabila ingin benar-benar lepas dari Anxiety Disorder ini, usahakan mencegah Anxiety ini Kambuh Brosis. Hindari kondisi hampir kambuh atau kambuh, sebab sangat sulit mengontrolnya. Ingat, lebih baik mencegah dari pada mengontrol saat kambuh. Hehe (ADB)

Serangan Panik itu muncul di semua jenis Anxiety Disorder

Halo Bro&Sis sekalian,
bagaimana dengan liburan anda? menyenangkan? ADB harap demikian ya. Dan bagi yang saat ini sedang kambuh Anxietynya, ADB sarankan, atur pernafasan, ambil nafas dihidung dan keluarkan perlahan dengan mulut. Tanamkan sugesti baik kepada diri anda Brosis, seperti, ” aku tak akan kalah hanya dengan ini”, atau, “aku tak akan kalah oleh tubuhku ini” atau” Aku akan hapus fikiran-fikiran jelek dari otakku ini”. Dan ucapkan berulang-ulang, sambil mengatur pernafasan. Saran selanjutnya, dzikir sebanyak-banyaknya bagi yang muslim. Sebisa mungkin dzikir selalu diucapkan, entah itu saat kambuh ataupun tidak, sebab, mendekatkan diri kepada Allah dengan berdzikir akan sangat menenangkan hati. Bagi yang beragama selain muslim, anda bisa selalu berdoa sesuai dengan kepercayaan anda masing-masing. Sebab pada dasarnya, berdo’a itu menenangkan pikiran dan hati.

Brosis sekalian, saat ANXIETY DISORDER kita kambuh, apapun jenisnya itu, mulai Agoraphobia, Obsesif Kompulsif, Death Anxiety ataupun yang lainnya, sebagian penderita mengeluhkan gejala-gejala yang sebagian besar sama. Hah? sama, mksudnya gejalanya sama? iya Brosis. Gejalanya sama. Yaitu munculnya SERANGAN PANIK. Sahabat ADB yang menderita Agoraphobia, merasa terkena serangan panik saat berada di mal. Ada, teman dari teman ADB yang menderita Osesif komulsif Brosis, pernah ia lupa membawa permen yang biasa dimakanya untuk mengurangi perasaan yang tidak enak dilehernya, ia panik luar biasa. Ia merasa lehernya serasa putus Brosis. Ngeri banget. Ada juga penderita GAD, Generalized Anxiety Disorder, yang mendapat serangan panik saat berada didalam bis. Dia takut dan cemas kalau-kalau bis yang ditumpanginya akan mengalami kecelakaan. Maka, ketika sedikit saja bis yang dia tumpangi ada gangguan, serangan panik muncul.
Sebagian gejala umum yang dapat ADB simpulkan, plus ADB rasakan sendiri soal Serangan panik ini antara lain :
– Jantung berdebar kencang
– Kesemutan diseluruh tubuh
– Dada sesak, berat
– Perasaan tak karuan fikiran-fikran negatif terus bermunculan.

Jadi Bro&sis, saat serangan panik ini datang, tentunya dengan ciri-ciri seperti diatas, cobalah untuk menenangkan diri. Atur pernafasan. Bisa diselimur dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, atau istilahnya menyibukkan diri. Yang suka nonton film kartun yang lucu macam tom & Jerry bisa ditonton atau nonton mr. Bean sekalian. Hehehe..Kalau ada fikiran-fikiran buruk yang muncul, seperti perasaan akan mati, atau ajal sudah dekat, cobalah sebisa mungkin hilangkan fikiran tersebut. Jangan diturutin Brosis, itu akan semakin mambuat kita panik. Coba bisa dilihat artikel Sulitnya menguasai diri saat Anxiety menyerang, sangat sulit sekali menguasai diri saat saat serangan panik datang. Apalagi diawal-awal kita menderita penyakit ini.
Hal lain yang bisa anda lakukan adalah menjadi lebih religius. KArena ADB seorang muslim, jadi yang ADB lakukan adalah mulai menjalankan semua perintah Allah SWT. Dari yang sholat jarang-jarang, kini harus lengkap 5 kali sehari. Dari yang tidak pernah berdzikir, sekarang harus setiap saat berdikir. Dari yang Alqur-an nya gak pernah dibuka, kini menjadi lebih lecek karena seringnya dibaca. BAgi ADB, serangan panik ini seperti semacam pecutan dari Allah, karena ADB pernah lalai menjalankan segala perintahNYA, seperti semacam peringatan Bro&sis. KArena dari segala sesuatu, pasti ada hikmah yang bisa kita petik. So, serangan panik muncul? lawan saja Brosis. Jangan dibiarkan serangan panik menguasai diri anda sekalian. (ADB)

Obsesif Kompulsif

Ketemu lagi dengan ADB Bro & Sis.
Tips pagi ini adalah cara yang InsyaAllah ampuh untuk menekan rasa cemas, dan mengurangi Stres Brosis. Apakah itu??, Olah raga rutin saudara saudari..!!! Hehehe, Olah raga dipagi hari bisa membuat ketegangan fikiran dan stress berkurang. Sebabnya apa ya? kurang faham kalo soal ini, tapi ini sudah menjadi jurus ampuh ADB untuk menghindari kambuhnya Anxiety sejak setahun yang lalu. Wah berarti dulu ADB gak pernah olah raga ya? iya benar Brosis, ADB dulu jarang dan hampir gak pernah olahraga. Makanya badan melar dengan dahsyatnya. Hehehe. Trus kalau ada yang tanya nih, sebaiknya berapa lama sih olahraga pagi yang baik? gini Brosis, bagi yang sudah sering Olahraga pasti tahu nih, bagi yang pemula dan ingin mulai merutini Olah raga, awali dengan yang ringan dulu. Jangan terlalu berat, contohnya nih ya, dulu pertama kali ADB memulai merutini lari, sebagai olahraga pilihan ADB, untuk melatih jantung dan pembuluh darah Brosis, ADB lari cuma mengelilingi gang tempat tinggal ADB yang panjangnya hanya sekitar 25 meteran, sebanyak 5 kali aja awalnya.itu aja rasanya sangat berat. Maklum gak pernah olahraga. Dn setelah tubuh beradaptasi, baru porsinya ditambah sedikit demi sedikit. Klau sekarang udah berapa puteran ADB? udah hampir kuat lari dalam gang dan mengellingi sebnyak 40 kali nonstop. Ada pertanyaan lagi nih? berapa lama tuh? dan rutinya apakah setiap hari? Hah? setiap hari? modiyar Brosis, jangan setiap hari, berikan waktu pada tubuh agar mmeperbaiki kerusakan kerusakan sel dlu saat kita olahraga. 3 hari sekali cukup brosis, jangan lama-lama, 20 menit sampai 45 menit sudah cukup. Gimana? mau memulai..??? Hehehe


 

Kembali ke topik utama ya, sekali lagi ADB akan memberi cerita dari sosok super hero. Ah, udah tua aja masih superhero melulu. Hehe, emang, superhero aja bisa kena anxiety, apalagi yang manusia biasa? iya akan? semacam menambah kepercayaan diri Brosis. Sebab kepercayaan diri penting untuk mengontrol Anxiety yang akan kambuh, atau mencegah Anxiety kambuh. Kalau kepercayaan diri itu drop, akan mudah dirasuki fikiran-fikiran negatif yang memang kerap datang saat Anxiety kambuh, dan akan sulit mengusai diri lagi (IMHO). Kali ini adalah Kusaka Masato,  aka Kamen Rider Kaiixa, ada yang tahu..?? peggemar tokusatsu pasti tahu. ADB ini penggemar tokusatsu sejak kecil jamanya Kotaro Minami dulu Brosis. Haha. Nah, Kusaka ini rada aneh tingkahnya. Setelah dia melakukan kegiatan apapun, entah itu naik motor, entah itu sewkatu kuliah di kampus, entah sewaktu dia berolahraga, bahkan setelah dia berubah dari wujud kamen ridernya, kusaka ini selalu mencuci tanganya dengan tisu basah. Dia selalu sedia tisu basah dikantongnya. Nah Lho??  Ada apa gerangan..?? awalnya ADB dulu nonton juga bingung, nih orang bolak balik ngelap tangan pake tisu basah ngapain sih..?? Setelah menonton sejumlah episode, akhirnya dijelaskan mengapa dia bersikap seperti itu. Itu dikarenakan, saat ia melihat telapak tanganya, kusaka selalu melihat bayangan darah segar yang hampir menutupi seluruh telapak tanganya. Jiah, darah bikin ngeri Brosis. Sebab ada kejadian yang mengerikan menimpanya, dulu ketika event reuni dengan rekan-rekan sepanti asuhanya,dan saat berpesta kembang api, tiba-tiba dia pingsan. ketika dia tersadar, rekan-rekanya itu sudah tergeletak dengan darah dimana-mana. Dan ia melihat tangannya sendiri bersimbah darah..!!

Masato_Henshin
Ini dia Si Kusaka Masato

Wah wah, udah belom critanya ini? apa hubunganya sama Obsesif Kompulsif coba?? payah nih. Hehe, sabar dulu Brosis, jelas jelas apa yang dialami Kusaka ini termasuk dalam gangguan kecemasan, Anxiety Disorder, lebih tepatnya lagi yang berjenis Obsesif Kompulsif. Sebenernya ini Anxiety Disorder yang kaya gimana sih..?? dari namnya aja udah aneh banget. Haha, Gini Brosis, Obsesif adalah fikiran yang mengganggu. Apapun itu, fikiran itu sangat mengganggu sekali. Kompulsif, adalah perilaku. Hah? perilaku apa itu? Ya perilaku yang dilakukan individu untuk mengurangi fikiran-fikiran yang mengganggu tersebut. Sperti contoh cerita kusaka, ia selalu dihantui oleh bayangan darah yang selalu ada ditangannya, (Obsesif) dan dia selalu ingin menghapus darah itu dari tangannya, makanya dia selalu membawa tisu basah dan mengelap tanganyya sesering mungkin(kompulsif).

Bagaimana Brosis? apa bisa dipahami? adakah dari Brosis sekalian yang mengalami ini? Obsesif kompulsif bukan hanya dengan kasus yang dialami dimasa lalu, bisa juga saat ini kita sedang ketakutan akan sesuatu, dan kita melakukan perilaku tertentu agar rasa stress rasa takut tersebut berkurang Brosis. Seperti halnya ADB, ADB menderita Anxiety Disorder dengan jenis Death Anxiety. Fikiran ini sangat sangat sangat mengganggu, hidup tidak tenang, tak bisa rileks, tak bisa becanda, fikiran soal ajal selalu saja muncul, dan ADB tak bisa mengontrolnya, anggap saja ini adalah obsesif yang ADB alami. Kompulsifnya, untuk mengurangi rasa takut itu dan membuat ADB tenang, maka ADB berdzikir berulang-ulang disetiap saat, setiap waktu. Hingga bisa mengontrol rasa takut itu kemudian hingga rasa takut dan cemas ini berangsur hilang.

Ada lagi yang ADB alami, saat selesai mematikan kompor, ADB takut akan terjadinya kebakaran yang disebabkan kompor itu. Lalu ADB berulang kali mengecek knop kompor berulang ulang untuk memastikan bahwa knop telah tertutup sempurna. Kadang kala ADB mesti mengcek juga apakah pintu rumah sudah terkunci atau belum, berulang-ulang ampai ADB bener-bener yakin bahwa pintu sudah terkunci. Sungguh in adalah kecemasan yang sangat mengganggu. Bagaimana dengan Brosis sekalian? ada yang merasa bahwa Brosis terkena Obsesif Kompulsif Disorder..???? (ADB)

sumber :http://www.psychologymania.com/

Sulitnya menguasai diri saat Anxiety datang menyerang

Siang, Bro&Sis sekalian.

Siang ini  Kita akan berikan contoh lewat seorang superhero Brosis. Nah siapa yang tak tahu Tony Stark, aka Ironman..??? dalam film  The avengers diceritakan bahwa Ironman sempat terbang ke gerbang pintu dunia lain untuk meluncurkan nuklir guna meledakkan pengacau dunia. Sesaat sebelum gerbang tertutup, dia terjatuh dalam keadaan pingsan dan selanjutnya di tolong oleh the Hulk sesaat sebelum sampai ketanah. Nah, siapa yang menyangka, seorang Tony Stark mengalami trauma berat atas kejadian tersebut.

Dan di  Film Ironman 3, saat ia berada di cafe bersama kolonel Rhodes, ketika ada anak kecil yang secara tidak sengaja membuka ingatannya pada waktu ia digerbang dunia lain,  apa reaksinya? ia terkaget, fikiranya  kacau. Lalu ia berlari kearah baju besinya diluar kafe, masuk, dan memerintah Jarvis untuk check tekanan darah dan detak jantungnya. Bisa dibayangkan betapa paniknya Tony saat itu Brosis. Dia bisa tenang saat Jarvis memberitahunya bahwa semuanya normal. Dan ia hanya terkena serangan panik.

Lalu saat ia berada dimobil, serangan panik menyerang. Ia tak kauasa menguasai dirinya, smpai anak kecil itu menghiburnya dan memberikan satu cara untukmemecahkan maslahnya. Nah Brosis, Saat Anxiety kambuh, seringkali kita malah terbawa kedalam rasa panik yang datang itu. Fikiran-fikiran yang muncul sangat menakutkan dan malah membuat panik semakin panik. Ujung dari serangan panik adalah pingsan. ADB pun demikian. Saat panik datang, sulit sekali untuk menguasai diri. Yang difikir hanyalah hal-hal yang ditakutkan. Jikalau kita mencemaskan kematian, maka fikiran yang datang adalah kita mau ajal, atau fikiran kita sedang dibopong kepemakaman, dan banyak lagi. Namun setelah sekian kali ADB mengalami serangan panik, lama kelamaan ADB teringat kata2 dokter, yang bilang bahwa pembuluh darahmu akan rusak jikalau kamu tidak melawan kepanikan itu dan membiarkan jantungmu bekerja dengan keras. ADB semakin takut, dan tanpa sadar semakin mendekatkan diri lagi dalam soal agama. Saat itupun, saat sedang mendekatkan diri, tanpa sebab ketakutan dan kecemasan akan ajal tetap muncul. Terlebih saat berdzikir dan Sholat  Brosis. ADB mencoba mengganti fikiran buruk yang muncul dengan fikiran-fikiran yg positif, namun gagal. dan serangan panik datang saat sedang sujud. Berfikir bahwa saat sujud ADB akan dipanggil, dan batalah akhirnya sholat ADB. Saat datang lagi waktu sholat pun demikian. berkali -kali datang serangan panik yang menyesakkan.


Itulah Brosis, secuil cerita yang mungkin mewakili apa yang brosis rasakan saat ini. Memang saat menguasai diri ketika serangan panik datang itu sangat sulit, bhakan ketika setelah lebih mendekatkan diripun. Namun itu bukan berarti tidak bisa Brosis. Semua maslah ada solusinya, dan segala penyakit ada obatnya. ADB menemukan cara untuk melawan anxiett itu setelah 3 bulan mencoba dan itu secara kontinyu. Bagaimana dengan kalian Brosis? tidak ada kata tak bisa, dan Anxiety bukan akhir dari segalanya Brosis. (ADB)

 

Kopi dan Anxiety

Untitled-1

 

Halo Brosis, Kembali lagi dengan Anxiety. Jangan bosan dengan membaca apapun tentang Anxiety, selain menambah pengetahuan dan hal apapun tentang Anxoety yang kita derita, juga bisa mencegah sebelum anxiety kambuh. APaan sih? gak nyambung ya?

Kopi. Hmm..wanginya yang harum membuat siapapun tidak akan menolak untuk meminumnya. Rasanya yang mantab membuat mata betah melek..Siapa sih yang gak tau Kopi? paling cuma anak yg masih bayi yg bener-bener gak tau kopi. Tapi tahukah anda Brosis, bagi penderita Anxiety Disorder seperti kita ini, kopi telah menjadi minuman yang haram bagi kita. Wah, ADB ngawur ini, kopi kok jadi minuman haram itu lho?Tenang dulu Brosis, karena kita sedang menderita Anxiety disorder inilah yang membuat kopi menjadi minuman haram bagi kita. Brosis tahu sendiri kan, apa saja yang terkandung dalam kopi? yang berbahaya bagi kita penderita AD adalah caffeine nya itu.

KEnapa kok berbahaya.?? tentu saja, karena kafein dalam kopi itu merangsang syaraf pusat yang menimbulkan rasa cemas dan gelisah. Jadi bayangkan saja klo kita penderita Anxiety malah minum kopi. jadinya rasa cemas kita semakin menjadi-jadi. Bayangin aja kalau cemas kita semakin menjadi..bisa kambuh Anxietynya Brosis.

So, Bagi penderita, hindari dulu minum kopi. Supaya tidak semakin cemas, dan fikiran bisa selalu positif. Eh Brosis, kopi juga bikin jantung berdebar lho. Hati-hati ya. Lebih baik air putih saja yang hangat. (ADB)

Thanatophobia, dan Death Anxiety, Bagian II

Halo, Bro & SIs, Bagaimana hari ini..?? semoga baik dan jauh dari Anxiety.
Berikut ada satu tips dan saran yang bisa Brosis lakukan untuk mencegah Anxiety kambuh. Angan-Angan. Woi, ADB apaan sih? pagi-pagi ngomngnya udah ngelantur. Katanya mau ngasih tips, kok malah jawab angan-angan doang. Niat nulis artikel nggak sih? Hehehe.. Sabar dulu lah Brosis. Sebab tips dan saran dari ADB pagi ini ada hubunganya dengan angan-angan. Iya Angan-angan. Kita kerap sekali berangan-angan entah apapun itu. Nah, karena angan-angan itu sangat cepat sekali jalannya. Lho kok bisa? iya, contohnya saat Brosis abis berlibur di pulau bali. POkoknya disana bersenang-senang deh, gak ada sedihnya sama sekali. Pas sudah dirumah, Brosis tiba-tiba berangan-angan sewaktu masih ada dibali. Memutar lagi memory kesenangan disana. Nah, dengan sekali angan, Brosis sudah ada diBali lagi kan? Jadi apa dong hubunganya angan-angan dengan penyakit mental kita, Anxiety ini? Jadi begini Bros Sis, saat kita berangan-angan, dan memori memutar lebih cepat kejadian2 yang kita inginkan, maka semakin cepat pula membuat kita menjadi kambuh. Masak sih semua angan-angan bisa membuat kita kambuh? iya, betul. Saat kita sudah pernah kena anxiety, jujur alam bawah sadar kita seakan masih merasa takut itu terjadi lagi. IMHO. Jadi apapun angan-angan kita, yang awalnya berangan-angan menyenangkan, tiba-tibadan entah bagaimana menjadi angan-angan yang menkutkan. dan itu tiba-tiba menjalar sehingga rasa panik datang, dan kambuhlah itu anxiety. Setidknya itu yang kerap ADB rasakan. Jadi tips pagi ini. JANGAN BERANGAN-ANGAN Brosis.
Kalaupun udah terlanjur, segera ganti dengan angan-angan yang baik lagi. Tapi ADB ingatkan, saat kepanikan sudah menjalar, mengganti fikiran negatif ke positif itu sangat-sangat-sangat sulit. So, ganti angan-angan dengan kegiatan yang positif.  Untuk smentara, stop dlu angan-anganya ya. Setidaknya sampai bener-bener sembuh.


 

Masuk kepada pembahasan Death Anxiety Brosis, Sory nih ADB ngasih tip rada rada mbulet. Kmaren ADB sudah cerita soal Thanatophobia. Nah yang belum kelar ini adlah Death Anxiety, jenis anxiety disorder yang ADB derita. Kmaren klo gak salah sudah samapai pada gejalanya ya? iya, gejalanya sama seprti gejala serngan panik saat menyerang kita. Atau hampir semua gejala umum ANxiety Dsiorder yang sudah ADB jabarkan di artikel yang lalu. Ini adalah pengalaman ADB, Saat sedang enak-enaknya santai, ada berita tetangga ADB telah berpulang. ADB datang melayat, tidak ada perasaan yang bagiamana gitu tentang kematian tetangga ADB, nah selang malamnya, tiba-tiba ADB cemas, entah bagaimana kok ADB berfikiran seperti ini, biasanya kalau ada seorang meninggal di suatu kampung, akan ada orang lain di satu kampung yang ikut meninggal juga. Nah, kalut sudah fikiran ADB, tak disangka akhirnya serangan panik datang. Tubuh lemas, berkeringat, kesemutan seluruh tubuhh, dada sesak, dan perasaan ajal akan tiba.

Saat panik itulah ADB merasa ada bayangan yang lewat, ada yang memanggil nama ADB, atau fikiran untuk segera meminta maaf pada ayah dan ibunda tercinta. Sbab perasaan ADB yakin waktu itu ajal akan tiba. 5 menit, 10 menit, tak kunjung hilang juga seranga itu hingga membuat ADB lemas. Dan akhirnya tertidur. Bangun dari tidur, ADB merasa tenang, perasaan lega sempat ada sampai akhirya saat santai, ADB teringat lagi kejadian malamnya yang membuat serangan panik datang. Dan, itulah kenapa tips pagi ini adalah berhentilah berangan-angan dulu, sebab ADB tiba-tiba terangan-angan lagi soal datangnya ajal. Dan untuk kesekian kalinya ADB terserang panik. Cemas bahwa kematian akan datang, dan dalam fikiran ADB, terangan saat nanti ruh dicabut, rasa sakit, bisakah ADB mengucap kalimat toyibah saat dicabut, semua itu trus berkembang dalam fikiran ADB  sehingga ADB pingsan.
Saat sadar, ADB sudah ada di UGD, sempat diberi infus sdikit dan ADB sudah merasa baikan. Dalam pengecekan medis, tidak ada penyakit dalam tubuh ADB, hanya tensi yang lumayan tinggi.

Kata Dokter, kalau jantung berdebar ini dibiarkan, akan bisa merusak pembuluh darah, karena terlalu tinggi tekanannya. Diberikanlah ADB obat anti darah tinggi. Check darah dilakukan, lagi-lagi semua normal. Beberapa hari ADB tenang karenayakin bahwa semua normal-normal aja, sampai ADB merasa panas yang amat sangat di dada. Karena efek Anxiety yang bisa membuat kita semakin waspada, IMHO, ADB pergi kedokter umum. Didiagnosis bahwa asam lambung ADB sedang tinggi, lalu ADB mengeluh rada sesak, dan saat dokter bilang harus rekam jantung ADB kaget. Masak sih aku kena jantung? begitu fikiran ADB. Lama kelamaan, fikiran buruk semkin menjalar, kalau kena jantung, berarti ajal sudah dekat? aku sudah ajal. fikiran itu selalu terulang-ulang dalam benak ADB brosis. Sampai akhirnya sudah kesekian kali ADB kena serangan panik akibat Death Anxiety ini. Akibat terlalu mencemaskan kematian ini. Dan selalu saja ADB berfikiran demikian, dan sangat sulit untuk merubah fikiran tersebut.

Lalu, apa yang ADB lakukan ? ADB lebih mendekatkan diri kepda yang kuasa. Dan, bukan tanpa halangan Brosis, saat mw melaksanakan Sholat, seolah ADB ogah. Kecemasan akan ajal yang datang saat ADB sholat semakin memperkeruh suasana. Lalu ADB mencoba berdzikir, saat dzikir pun seperti serangan panik datang tiba-tiba. Wis jian sulit tenan brosis. ADB bingung waktu itu. Sampai akhitnya ADB memutuskan untuk tetep beribadah, walaupun ogah rasanya dan serangan panik selalu datang.


Nah, kecemasan yang datang berulang-ulang akan kematian dan kita tidak mampu untuk meredamnya, shingga datanglah serangan panik yang luar biasa,  inilah DEATH ANXIETY. Lalu apa yang harus dilakukan? lebih banyaklah bersosialisasi dengan teman, keluarga, banyak-banyaklah Sharing dengan teman-teman yang anda percaya, atau dengan sesama penderita, agar bisa saling mengerti apa yang dirasakan Brosis. Jangan lupa, sebisa mungkin hilangkan dulu ANGAN-ANGAN. Olah raga secara teratur, supaya pembuluh darah lebih kuat, jantung lebi sehat, dan mengurangi stres juga. Sebisa mungkin lebih religius, apapun kepercayaan anda Brosis, lebih mendekatkan diri dan menajdi lebih beriman akan memberikan ketenangan hati.

Semoga bisa bermanfaat dan ambil yang baik saja ya. (ADB)

Thanatophobia, Dan Death Anxiety, Bagian 1

Mendengar judulnya tampak serem ya Brosis..???

Pobia, atau biasa disebut sebagai ketakutan yang berlebih, CMMIW, adalah salah satu dari sekian jenis Anxiety Disorder dimana sangat mengganggu kehidupan penderitanya.Dan salah satu juga dari sekian banyak jenis Phobia, yaitu Thanatophobia, atau ketakutan yang berlebihan terhadap kematian.  Seperti yang dialami oleh Bibi ADB, tepatnya beliau adalah Bibinya Istri ADB, dan Bibi Istri ADB ini adalah istri dari Paman ADB. Dan KEponakan istri paman ADB ini sekarang jadi Istri ADB. Halah, mbulet ae yo Brosis? beliau menderita Thanatophobia ini hampir mencapai 3 tahunan, ini terjadi saat istri ADB masih duduk di sekolah dasar.

Saat itu Brosis, awalnya beliau ini ikut memandikan jenasah nenek ADB. Nah menurt beliau, setelah bibi memandikan jenasah, bibi ini langsung tidur. Tidak cuci kaki, cuci tangan, ataupun membasuh muka (menurut kepercayaan orang sini, setelah melihat jenasah, hrus mencuci kaki, muka dan tangan, biar gak sawanen katanya) . Nah selang keesokan harinya, beliau seperti teringat-ingat kembali saat-saat beliau memandikan jenasah. Lama difikir, beliau tidak berusaha mengabaikan fikiran itu, dan sampai akhirnya, beliau berfikir, bagaimana kalau dia mengalami hal seperti itu? dimandikan saudara dalam keadaan mata tertutup dan tidak bergerak, beliau membayangkan bagaimana saat nanti beliau diangkat oleh orang-orang diatas keranda dan dibopong ke pemakaman. Akhirnya datanglah rasa phobia itu, setiap ada berita orang meninggal, beliau seprti lemas, sesak, berdebar, pusing dan terasa ringan. setiap ada kata “mati” atau “meninggal” atau melihat jenasah, berita orang mati, beliau sangat-sangat anti dan takut. Merasa bahwa beliau juga akan dipanggil oleh yang maha kuasa. Lama sekali beliau merasakan phobia ini, sdah dibawa kemana-mana tak kunjung sembuh. Sempat beliau ke UGD, namun beliau dinyatakan sehat, tidak sakit apa-apa. Phobia ini sangat mengganggu hidupnya, anak dan paman ADB tidak terurus, anggapnya buat apa suami dan anak diurus, toh sebentar lagi akan meninggal. Begitu setrusnya sampai Bibi ADB ini bener-bener sembuh dari Phobia ini.Beliau akhirnya sadar, bahwa semua ada ditangan Allah semata, dan semakin bisa menumbuhkan keyakinan diri bahwa beliau baik2 saja. Intinya Brosis, beliau selalu mencoba untuk berfikir positif dan menyenangkan. Sekarang hidupnya kembali normal.


 

Nah Bro& Sis sekalian, sepenggal cerita diatas adalah contoh kasus Thanatophobia dalam kehidupan sehari-hari. ADB pun pernah merasakannya, namun yang ADB rasakan bukan thanatopobia, melainkan adalah Death anxiety. Death Anxiety atau kecemasan akan kematian ini ADB rasakan saat merasa tubuh ADB ada kelainan. Contohnya Brosis, saat ADB merasa kesemutan, ADB berfikir ini adalah Stroke, dan akan menyebabkan kematian. Saat ADB pusing, ADB bertanya-tanya dalam hati, apakah aku akan berakhir? Saat dada ADB nyeri, ADB merasa ini adlah akhir ADB karena ini pasti sakit jantung, Walaupun semua akhirnya tidak terbukti, alias sehat2 saja, tapi tetep kecemasan itu tetep datang da menghampiri. Kalau ada yang bertanya, apa saja gejalanya saat Death Anxiety datang? jawab ADB sama seperti saat kita terkena serangan panik..(bersambung)