Kecemasan dan Serangan Panik

……Ini adalah secuil pengalaman dari Penulis (Adb). Terjadi sekitar 7 tahun yang lalu Brosis. Saat itu Adb sedang menikmati semangkuk Bakso pedas, nah dipertengahan makan, Adb tersedak, sehingga sluit untuk mnelan sesaat, dengan dada yg panas karena pedasnya kuah bakso, Adb mulai merasa cemas. Dalam benak mulai timbul, “kenapa panas sekali..? ”  Berikutnya, mulai muncul kesemutan di kaki dan tangan, sontak fikiran pun berfikir apa ini penyakit Stroke..?? setelah beberapa saat berfikiran demikian, mulai mncul kepanikan.  Saat itu Jantung berdebar kencang, rasa tidak enak mulai muncul dan hampir mendominasi fikiran. Perut mual, dada sesak, lemas dan perut terasa kaku. Dan entah bagaimana, fikiran yang muncul adalah ini adalah akhir hidupku. semua terasa berhenti.. Dan ada sisi hati yang bilang, ” cepat kedokter..!!”

Nah BroSis sekalian, yang ADB alami dalam secuil cerita diatas adalah proses mulai ternjadinya kecemasan, hingga muncul serangan panik yang sangat sangat sangat menjengkelkan.

Kecemasan adalah respon emosional terhadap penilaian yang menggambarkan keadaan khawatir, gelisah, takut, tidak tentram disertai berbagai keluhan fisik. Keadaan tersebut dapat terjadi dalam berbagai situasi kehidupan maupun gangguan sakit. Selain itu kecemasan dapat menimbulkan reaksi tubuh yang akan terjadi secara berulang seperti rasa kosong di perut, sesak nafas, jantung berdebar, keringat banyak, sakit kepala, rasa mau buang air kecil dan buang air besar. Perasaan ini disertai perasaaan ingin bergerak untuk lari menghindari hal yang dicemaskan (Stuart and Sundeen, 1998). http://teorikecemasan.blogspot.com/

Cemas karena merasa dada tidak enak, panas. Adb berusaha menghilangkan cemas tersebut dengan meminum segelas air putih, namun tak kunjung membaik hingga secara tidak sadar fikiran tertuju bahwa ini adalah akhir dari kehidupan adb, lalu bermunculan fikiran2 negatif yang lain, sehingga rasa cemas tersebut kini berubah menjadi sebuah kepanikan..!!. Ditengah kepanikan tersebut Adb merasa ingin keluar rumah, ingin bertemu ibunda untuk meminta maafnya dan banyak lagi Brosis. Seluruh tubuh sudah merasa kesmutan, pusing, ingin pingsan, dan merasa akan mati. Lalu Adb keluar rumah, tanpa disengaja Adb berjemur disengatan matahari. Adb smapi terduduk lesu, nafas tersengal2, dunia terasa berputar. Ajaibnya Brosis, selang beberapa menit, gejala2 yang Adb rasakan tadi berangsur2 menghilang..setelah 15 menit berjemur ( gosong dah kulit ) gejala2 tersebut hilang sama sekali. Pada waktu itu  Adb belum mengenal gangguan kecemasan dan apa itu serangan panik. Waktu itu Adb menyebutnya dengan syndrom kematian, karena perasaan ajal sdah dekat sangat kuat. Hehe, ada ada aja yah..??

Apakah Bro dan Sis  sekalian pernah mengalaminya? mulai terjebak dalam rasa cemas, tidak bisa mengatasi cemas itu sehingga datang serangan panik..?? Kalau iya, di artikel depan akan kita bahas mengenai Anxiety Disorder, dimana Serangan panik adalah salah satu jenis Anxiety Disorder ( Gangguan Kecemasan). Kalau Bro dan Sis belum pernah mengalami, diharapkan setelah membaca ini bisa menambah pengetahuan tentang Anxiety.

Semoga bermanfaat dan dan ambil hikmah postifnya saja ya. (adb)

 

Iklan

2 thoughts on “Kecemasan dan Serangan Panik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s