Obsesif Kompulsif

Ketemu lagi dengan ADB Bro & Sis.
Tips pagi ini adalah cara yang InsyaAllah ampuh untuk menekan rasa cemas, dan mengurangi Stres Brosis. Apakah itu??, Olah raga rutin saudara saudari..!!! Hehehe, Olah raga dipagi hari bisa membuat ketegangan fikiran dan stress berkurang. Sebabnya apa ya? kurang faham kalo soal ini, tapi ini sudah menjadi jurus ampuh ADB untuk menghindari kambuhnya Anxiety sejak setahun yang lalu. Wah berarti dulu ADB gak pernah olah raga ya? iya benar Brosis, ADB dulu jarang dan hampir gak pernah olahraga. Makanya badan melar dengan dahsyatnya. Hehehe. Trus kalau ada yang tanya nih, sebaiknya berapa lama sih olahraga pagi yang baik? gini Brosis, bagi yang sudah sering Olahraga pasti tahu nih, bagi yang pemula dan ingin mulai merutini Olah raga, awali dengan yang ringan dulu. Jangan terlalu berat, contohnya nih ya, dulu pertama kali ADB memulai merutini lari, sebagai olahraga pilihan ADB, untuk melatih jantung dan pembuluh darah Brosis, ADB lari cuma mengelilingi gang tempat tinggal ADB yang panjangnya hanya sekitar 25 meteran, sebanyak 5 kali aja awalnya.itu aja rasanya sangat berat. Maklum gak pernah olahraga. Dn setelah tubuh beradaptasi, baru porsinya ditambah sedikit demi sedikit. Klau sekarang udah berapa puteran ADB? udah hampir kuat lari dalam gang dan mengellingi sebnyak 40 kali nonstop. Ada pertanyaan lagi nih? berapa lama tuh? dan rutinya apakah setiap hari? Hah? setiap hari? modiyar Brosis, jangan setiap hari, berikan waktu pada tubuh agar mmeperbaiki kerusakan kerusakan sel dlu saat kita olahraga. 3 hari sekali cukup brosis, jangan lama-lama, 20 menit sampai 45 menit sudah cukup. Gimana? mau memulai..??? Hehehe


 

Kembali ke topik utama ya, sekali lagi ADB akan memberi cerita dari sosok super hero. Ah, udah tua aja masih superhero melulu. Hehe, emang, superhero aja bisa kena anxiety, apalagi yang manusia biasa? iya akan? semacam menambah kepercayaan diri Brosis. Sebab kepercayaan diri penting untuk mengontrol Anxiety yang akan kambuh, atau mencegah Anxiety kambuh. Kalau kepercayaan diri itu drop, akan mudah dirasuki fikiran-fikiran negatif yang memang kerap datang saat Anxiety kambuh, dan akan sulit mengusai diri lagi (IMHO). Kali ini adalah Kusaka Masato,  aka Kamen Rider Kaiixa, ada yang tahu..?? peggemar tokusatsu pasti tahu. ADB ini penggemar tokusatsu sejak kecil jamanya Kotaro Minami dulu Brosis. Haha. Nah, Kusaka ini rada aneh tingkahnya. Setelah dia melakukan kegiatan apapun, entah itu naik motor, entah itu sewkatu kuliah di kampus, entah sewaktu dia berolahraga, bahkan setelah dia berubah dari wujud kamen ridernya, kusaka ini selalu mencuci tanganya dengan tisu basah. Dia selalu sedia tisu basah dikantongnya. Nah Lho??  Ada apa gerangan..?? awalnya ADB dulu nonton juga bingung, nih orang bolak balik ngelap tangan pake tisu basah ngapain sih..?? Setelah menonton sejumlah episode, akhirnya dijelaskan mengapa dia bersikap seperti itu. Itu dikarenakan, saat ia melihat telapak tanganya, kusaka selalu melihat bayangan darah segar yang hampir menutupi seluruh telapak tanganya. Jiah, darah bikin ngeri Brosis. Sebab ada kejadian yang mengerikan menimpanya, dulu ketika event reuni dengan rekan-rekan sepanti asuhanya,dan saat berpesta kembang api, tiba-tiba dia pingsan. ketika dia tersadar, rekan-rekanya itu sudah tergeletak dengan darah dimana-mana. Dan ia melihat tangannya sendiri bersimbah darah..!!

Masato_Henshin
Ini dia Si Kusaka Masato

Wah wah, udah belom critanya ini? apa hubunganya sama Obsesif Kompulsif coba?? payah nih. Hehe, sabar dulu Brosis, jelas jelas apa yang dialami Kusaka ini termasuk dalam gangguan kecemasan, Anxiety Disorder, lebih tepatnya lagi yang berjenis Obsesif Kompulsif. Sebenernya ini Anxiety Disorder yang kaya gimana sih..?? dari namnya aja udah aneh banget. Haha, Gini Brosis, Obsesif adalah fikiran yang mengganggu. Apapun itu, fikiran itu sangat mengganggu sekali. Kompulsif, adalah perilaku. Hah? perilaku apa itu? Ya perilaku yang dilakukan individu untuk mengurangi fikiran-fikiran yang mengganggu tersebut. Sperti contoh cerita kusaka, ia selalu dihantui oleh bayangan darah yang selalu ada ditangannya, (Obsesif) dan dia selalu ingin menghapus darah itu dari tangannya, makanya dia selalu membawa tisu basah dan mengelap tanganyya sesering mungkin(kompulsif).

Bagaimana Brosis? apa bisa dipahami? adakah dari Brosis sekalian yang mengalami ini? Obsesif kompulsif bukan hanya dengan kasus yang dialami dimasa lalu, bisa juga saat ini kita sedang ketakutan akan sesuatu, dan kita melakukan perilaku tertentu agar rasa stress rasa takut tersebut berkurang Brosis. Seperti halnya ADB, ADB menderita Anxiety Disorder dengan jenis Death Anxiety. Fikiran ini sangat sangat sangat mengganggu, hidup tidak tenang, tak bisa rileks, tak bisa becanda, fikiran soal ajal selalu saja muncul, dan ADB tak bisa mengontrolnya, anggap saja ini adalah obsesif yang ADB alami. Kompulsifnya, untuk mengurangi rasa takut itu dan membuat ADB tenang, maka ADB berdzikir berulang-ulang disetiap saat, setiap waktu. Hingga bisa mengontrol rasa takut itu kemudian hingga rasa takut dan cemas ini berangsur hilang.

Ada lagi yang ADB alami, saat selesai mematikan kompor, ADB takut akan terjadinya kebakaran yang disebabkan kompor itu. Lalu ADB berulang kali mengecek knop kompor berulang ulang untuk memastikan bahwa knop telah tertutup sempurna. Kadang kala ADB mesti mengcek juga apakah pintu rumah sudah terkunci atau belum, berulang-ulang ampai ADB bener-bener yakin bahwa pintu sudah terkunci. Sungguh in adalah kecemasan yang sangat mengganggu. Bagaimana dengan Brosis sekalian? ada yang merasa bahwa Brosis terkena Obsesif Kompulsif Disorder..???? (ADB)

sumber :http://www.psychologymania.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s