Terapi 2 : Terapi Farmakologi

kita masih membahas soal Terapi pengobatan untuk penyakit Kita tercinta ini Brosis. Tercinta ya? hehe, habis sulit amat menyembuhkanya Brosis, seolah anxietas tak mw pergi. Hehehehe..
Setelah Terapi Kognitif dan perilaku yang tergolong dalam Terapi Psikoterapis, kita akan bahas Terapi melalui obat-obatan, yaitu terapi Terapi Farmakologi.

Obat-obatan yang biasanya diberikan bagi pendeita Anxiety adalah  benzodiazepine(BDPs)(Fracchione, 2004). Dan yang lazim digunakan adalah Diazepam,  Alprazolam,  Propanolol, dan Amitriptilin.

Diazepam adalah obat penenang di kelas benzodiazepin dan diperkenalkan pada tahun 1963. Diazepam termasuk dalam golongan psikotropika, nama dagangnya antara lain Valium. Indikasinya sebagai obat anti-ansietas, sedatif-hipnotic, dan obat anti-kejang.
Efek sampingnya antara lain : menimbulkan rasa kantuk, berkurangnya daya konsentrasi dan waktu reaksi. Diazepam mempunyai waktu paruh yang panjang (24 s/d 200 jam). sumber : Wikipedia Indonesia.

Alprazolam adalah sekelompok obat yang disebut benzodiazepines yang bekerja memperlambat pergerakan zat kimia otak yang menjadi tidak seimbang. Akibat ketidakseimbangan ini adalah gangguan kecemasan .
Efek sampingnya adalah :

•    Gatal dengan bintik merah
•    Sulit bernapas
•    Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan
Hentikan penggunaan alprazolam dan hubungi dokter anda jika anda memiliki efek samping serius berikut:
•    Tidak memiliki rasa takut
•    Depresi, ingin menyakiti diri sendiri atau bunuh diri
•    Hiperaktif, mudah marah, berhalusinasi
•    Kepala terasa ringan, pingsan
•    Kejang
•    Kulit dan mata menguning

Efek samping lain adalah:
•    Mengantuk, pusing, mudah marah
•    Amnesia atau pelupa, sulit berkonsentrasi
•    Sulit tidur
•    Otot lemah, hilang keseimbangan atau kordinasi, bicara ngawur
•    Pandangan kabur
•    Mual, muntah, konstipasi, perubahan berat badan atau nafsu makan
•    Mulut kering atau basah, berkeringat banyak
•    Hilang minat pada aktifitas seksual
sumber : health.kompas.com

Propanolol : adalah tipe beta-blocker non-selektif yang umumnya digunakan dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Obat ini adalah beta-blocker pertama yang sukses dikembangkan.

Indikasi:

Digunakan untuk mengobati atau mencegah gangguan yang meliputi migrain,arrhythmiasangina pectoris, hipertensi, menopause, dan gangguan kecemasan.
Efek sampingnya adalah : Efek CNS (kelelahan, depresi, pusing, kebingungan, gangguan tidur); Efek CV (gagal jantung, sumbatan jantung, kedinginan, impotensi pada laki-laki); Efek berturut-turut (bronchospasma pada pasien yang rentan & obat-obatan dengan beta1 harus digunakan secara selektif pada pasien ini); Efek GI (N/V, diare, konstipasi); Efek metabolik (bisa memproduksi hiper atau hipoglikemia, perubahan dalam serum kolesterol & trigliserid. Sumber health.detik.com

Amitriptilin  merupakan antidepresi trisiklik. Amitriptilin bekerja dengan menghambat pengambilan kembali neurotransmiter di otak. Amitriptilin mempunyai 2 gugus metil, termasuk amin tersier sehingga lebih resposif terhadap depresi akibat kekuranganserotonin. Senyawa ini juga mempunyai aktivitas sedatif dan antikolinergik yang cukup kuat. Dengan indikasi  gejala-gejala utama depresi terutama bila berkaitan dengan kecemasan, tegang, atau kegelisahan. Depresi neurotik.
Efek sampingnya adalah   Efek antikolinergik seperti mulut kering, retensi urinaria, konstipasi, palpitasi, takikardi,gingivitis., Berat badan turun atau bertambah., Tinitus (telinga berdenging), mengantuk, cemas, insomnia. , Hipotensi, pusing, gangguan kulit, bingung, aritmia, mania., Gangguan pencernaan.,  Efek endokrin seperti perubahan libido, impotensi, gynecomastia, galactorrhea. sumber :publichealthnote.blogspot.com

Nah, sudah ADB beberkan ini macam-macam obat yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit ANxiety Disorder ini Brosis. NAmun yang perlu diperhatikan adalah, semua obat-obatan ada keuntungan dan kerugiannya. Diharap berhati-hati ya Brosis. (Bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s