Ciri-Ciri Thanatophobia dalam kehidupan sehari-hari

Halo Brosis, lama tidak menulis tentang Anxiety Nih..Lagi asik bikin artikel tentang roda dua. Hehehe.
Kemaren ada seorang tetangga ADB nih, yang bertanya, sebenarnya kenapa sih kok kita bisa mengalami suatu kondisi dimana sangat takut sekali akan mati. Sebab ibunda tetangga ADB kerap sekali merasa bahwa ajalnya sudah dekat, namun alhamdulillah beliau sehat sampai sekarang.

Setelah ADB ceritakan semua, bahwa yang dialami ibundanya adalah serangan panik yang memang memberikan efek merasa ajal telah dekat, tetangga ADB sebut saja si S, mengeluhkan semenjak sering terkena serangan itu, ibundanya merasa takut berhubungan dengan apapun yang ada sangkut pautnya dengan kematian. Ambil contoh, saat ta’jiah, ibunda si S memilih tidak hadir. Atau ada film2 horror, tidak lagi pernah menonton…Maka ADB bisa bilang, Ibunda S terkena Phobia takut mati atau Thanatophobia. Ya, Thanatophobia ini juga yang menyerang ADB. Bahkan ADB belum bisa mengontrol sepenuhnya jika serangan menyerang. Dan sekarang ADB dimintai tolong solusi supaya ibunda S bisa sembuh. Diengg…Modyar sodara-sodara..

Nah. akhirnya ADB mulai dari apa yang membuat Ibunda S jadi demikian. Wess…kaya psikiater. Tapi nih Psikiater jadi2an nih..hahaha..Dan ternyata, kepergian adik ibunda S lah yang membuat Ibunda S menjadi selalu teringat2 akan kepergian adiknya. Bagaimana saat adik beliau Sakaratul Maut. Dan ibunda S selalu terbayang-bayang itu semua. Nah..karena ditumpuk dalam waktu yang lama, lama-kelamaan fikiran itu menjadi suatu phobia. Ibunda S sering bilang begini ” jangan-jangan aku sudah mw diambil, jangan-jangan akan gini, jangan-jangan akan gitu..” jika fikiran jangan-jangan itu memuncak…kata ibunda s, biasanya beliau sangat cemas dan panik. Seperti benar-benar mau mati. Dan itulah si Mbak Panick Attack, batin ADB.

Lalu ADB tanyakan lagi, keluhan apa lagi yang dirasa, barangkali sama dengan yang ADB rasakan. Beliau bilang sulit tidur. Atau Insomnia. Sebab beliau takut saat tidur ia tidak akan bangun. Jadi kerap kali beliau terserang panik saat akan tidur. Untuk ini, bisa dibilang tidak sama dengan ADB, ADB tidak pernah merasa sulit tidur. Bahkan sesaat setelah mencium aroma kasur, bantal dan guling, tidur dah 😀 . Ciri lainya yang dialami ibunda S, yaitu emosinya tidak stabil. Sesaat merasa marah sekali…sesaat seperti ingin menangis. Lalu tiba2 ingin tertawa. Ini sama nih, ADB juga gitu. Setelah itu, kerap kali bermimpi buruk tentang kematian kata beliau. Dan menjadi sangat lemas dan panik saat mendengar, mengetahui, apapun hal yang berkaitan dengan kematian. Apalagi kalau lewat Rumah sakit, ada ambulance, atau ada rombongan pelayat yang mengangkut jenasah ke kuburan. Eh, jantung ADB mulai berdebar nih Brosis, saat membuat artikel ginian…mulai kesemutan..sedikit sih..HUft…

Pernah Ibunda S sampai pingsan saat telah terkena seerangan panik ketika menjenguk rekanya yang sakit. Seperti yg ADB kira, akhirnya pasti tanya gimana caranya biar sembuh. ADB jawab aja, lha wong ADB juga masih belum sembuh kok…tapi kok kelihatanya tenang-tenang aja gitu? lha kelihatanya…klo lagi ketakutan, ADB sering menangis brosis. Lhah, cowok kok nangis? hahaha…namanya juga manusia. Biasanya saat menangis, ADB sembari berdoa dan mengadu…jadi setelah menangis, hati jadi tenang. Itu yg ADB bilang kepada beliau. ADB yakin beliau pasti bisa, sebab umur beliau jauh lebih tua dibanding ADB, urusan ibadah beliau pasti lebih taat dan khusu.

Bagaimana Brosis? kalau ada diantara brosis sekalian yang berciri-ciri seperti diatas, segeralah rubah fikiran jelek anda. Hilangkan jauh2 fikiran apapun yang berkaitan dengan kematian. Sama seperti ADB, saat ini pun sedang berjuang melawan phobia ini. Jangan sungkan untuk berbagi. Sebab berbagi akan menambah kekuatan anda. Dan tingkatkan lagi ibadah anda. Apapun kepercayaan anda, menjadi lebih bertakwa adalah jalan untuk menjadi lebih tenang. Setidaknya itulah yang ADb lakukan, dan ADB rasakan. (ADB)

Iklan

75 thoughts on “Ciri-Ciri Thanatophobia dalam kehidupan sehari-hari

  1. saya juga mengalami hal itu sekarang,,, gejala hati tak tenang, jantung selalu berdebar dan merasa dingin jika tiba2 serangan panik akan kematian itu muncul. bercanda dg orang lain rasanya sudah tidak senyaman dulu, konsentrasi buyar sampai akhirnya lebih banyak termenung.

    1. iya. itu jugalah yang saya rasakan pak. Tapi jangan mudah termenung sendiri, itu malah membuat anda semkin berfikir negatif. Saran saya, cobalah untuk sharing dengan orang yang anda percaya. Dengan sharing, anda tidak akan merasa sendirian. Ada banyak orang yang sama menderita dengan anda. Termasuk saya. Oiya, kontrol stress ya..usahakan selalu senang hati. Walaupun jujur, itu sangat susah sekali. Namun walaupun susah, bukan berarti tidak bisa bukan…?? semoga cepat sembuh ya..silahkan sharing jika ada unek unek yang ingin disampaikan. terima kasih Bro..:)

    2. Saya sedang mengalami perasaan sprti yg bpak rasakan,setelah sya browsing di internet tentang tanda2 kematian ,dan saya merasa bahwa apa yg saya alami adalah tanda2 40 hari sblm ‘mati’ , saya menjadi sering melamun dan perasaan saya nyaris selalu tidak enak,saya takut melukan hal hal diluar kebiasaaan saya,, apa yg saya alami selalu saya cocok2an dngan artikel tentang itu, dan sayapun menjadi orang yg menebak2 hari kematian dan takut bila membayangkan ada teman saya yg meninggal akibat kecelakaan.LAlu sekarang perasaan bapak bagaimana? apa sudah sembuh rasa macam tu?

      1. sama seperti saya dulu. Sekarang pun masih demikian, namun lebih mudah dikontrolnya. Sebaiknya Anda harus melatih diri anda untuk selalu berfikiran positif yaa…Terima Kasih.

    3. saya sdh hampir 6bln mengalami ketakutan akan kematian,sampai saat ini sy belum bs terlepas dr pikiran2 itu.. sy sdhberobat kesemua dokter specialis tp hasilnya tdk ada penyakit yg kronis,sy sampai ke specialis jantung dimalaysia sy tdk sakit jantung,tp yg sy rasakan stiap hari dada saya sakit dan klo sdh panik attack sy slalu merasa sy sdh mau dipanggil sm Allah… sy msh berjuang sampai hari ini..

      1. sama, smpai sekarang saya juga masih berjuang supaya bisa mengontrol sensasi itu dengan mudah, itu memang tidak mudah, tapi bukan berrti tidak bisa. Pasti Bisa.

  2. tapi mas,sblmnya di daerah pusar terasa berdenyut2 kencang pda pukul 4 sore setelah saya mengikuti lomba tarik tambang dikampus,lalu malamnya saya merasa linglung sndiri,seperti ada yg memperhatikan dan ingin mendekat tapi setelah saya tengok tidak ada apa2,saya merasa serba salah jika melakukan sesuatu hingga esok harinya perasaan saya kembali tidak enak dan saya putuskan untuk tdk masuk kuliah pdahal saya sudah siap.. setelah saya bacadiinternet itu tanda 40 hari. Apa yg sedng mengawasi saya itu adalah malaikat dan apa mas merasakannya seperti saya sprti pusar berdenyut dan seperti ada yg mengawasi ???????

    1. yang berdenyut cuma pusar kan? itu karena otot nya nyeri karena habis olahraga Mbak. Iya, saya pernah mengalami itu, seperti linglung sendiri, seolah-olah Malaikat sedang dekat dan seperti ajal sudah dekat, ya setelah baca artikel tentang itu. Kalau yang saya rasakan adlah kesemutan di seluruh tubuh. Berdenyut semua. Mbak pernah? namun percayalah bahwasanya Maut hanya TUHAN yang tahu. Kita hanya terbawa efek membaca artikel tersebut. Coba Mbak libur dulu baca-baca artikel yang demikian, cobalah berfikir positif. InsyaAllah rasa itu akan hilang dengan sendirinya. Saya juga pernah merasakannya, dan banyak saudara-saudara kita yang juga sedang merasakanya. Jadi cobalah berfikir positif sebisa mungkin ya.

    2. Mbak Lia… apa sekarang Mbak Lia sehat? Bagaimana dengan rasa takutnya? Apa masih sama? Atau sudah sembuh? Sy yg sekarang sedang merasakan ketakutan2 itu Mbak… Mohon balasannya

  3. iya mas,tapi saya mengalaminya terlebihb dahulu barulah saya searching itu di google dan ciri2nya persis dgn apa yg saya alami..saat ini saya udah pasrah mas,apa yg akan terjadi..saya udh cape dicekik rasa takut terus..setalah saya berpikir demikian skrng saya malah biasa lagi dan nafsu makan normal,tidur normal,dan udh bisa sdikit tertawa..walaupun perasaan penasaran akan 40 hari itu masih sering muncul mas,ngerasa blm plong kalo 40 hari blm terlewatkan..tapi kenapa acara Berita Islami Masa KINi dan Khazanah jga menyebarluaskan tentang apa yg ada di artikel trsebut ya mas,padahal kan ”itu tidak ada di al quran dan hadist”..(kata ustad saya)..

    1. ada hal yang membuat mbak Trauma berat ta sehingga membuat terlalu cemas..?? oiya, soal tanda-tanda 40 hari itu, lebih baik jangan dirisaukan lagi. Toh itu memang benar, dalam Alquran dan Alhadist. Lalu kenapa mereka membahasnya..?? ya supaya acara tv mereka banyak yang nonton mbak. begitu. Jadi berhentilah memikirkannya. Mbak sudah melakukan hal yang benar. Dengan ikhlas, hati akan menjdi tenang. Tinggal selalu mengupayakan berfikir positif saja. Semoga cepat sembuh.

  4. hem,,saya rasa saya tdk ada trauma berat mas..saya sedih aja kalo mikirin tentang kluarga saya mas,kalo inget artikel itu kalo ngebayangin artikel itu bener.. bukankah kematian adalah rahasia ALLAH,brati yg nulis artikel itu udah bocorin rahasia ALLAH dong mas aldo.. ? hehe ,mohon saling mendoakan ya mas .. doa sehat selamat dan panjang umur ..

    1. tidak ada trauma berat ya? Alhamdulillah kalau begitu. berarti mestinya mbak cenderung mudah untuk mengontrolnya. Tapi saran saya lebih baik coba dialihkan saja, fikiran seperti itu tidak bermanfaat Mbak. Bener kan? biarkan saja Maut itu jadi urusan Allah SWT. Yang penting kita berusaha selalu dan berdo’a, meningkatkan iman taqwa juga. Iya, semoga sehat selalu, umur yang panjang dan barokah, dan sukses selalu. Terima Kasih Mbak. He

  5. Ass mas, hampir 1 thn saya menderita thanataphobia juga, dan ini sangat mengganggu kehidupan saya. Saya sudah coba untuk berpikiran positif tapi tetap saja hasilnya nihil, saya hanya tenang beberapa saat saja namun kemudian perasaan tersebut kembali lagi. Kadang saya merasa tubuh saya panas dingin. Sering juga saat saya sedang membaca, tiba tiba ada kata-kata “kematian” saya selalu menjumpai hal hal seperti itu, dan itu sangat menyiksa saya. Saya jd slalu kepikiran. Saya merasa sepertinya saya mulai gila. Mohon solusi nya mass

  6. saya pernah juga merasa seperti itu. Dimulai dari hawa dingin dari dalam tubuh, lalu tubuh lemas, kesemutan mulai menjalar kemana2, sesak nafas, jantung berdebar kencang. saya mulai membaik ketika saya justru terus menerus membaca berita tentang kematian itu. Baik secara dalilnya, atau secara umumnya. awalnya berat memang. ketika terpikirkan sedikit, sensasinya muncul. namun lama kelamaan dengan flooding yang dicoba terus menerus, kini bisa dengan mudah mengontrol thanathopobia, walupun belum b isa hilang sama sekali. Intinya adalah, kematian sudah pasti, dan hanya Tuhan saja yg tahu kapan. Jadi selalu berfikir positif saja, dan ikhlas dalam menjalani hidup. itu akan membuat anda lebih baik. Terimakasih. 🙂

  7. Ternyata banyak yg mengalami seperti ini.. 2 minggu ini sy dilanda perasaan takut akan kematian dengan amat berlebihan, sy selalu merasakan ketakutan, dimana otak saya seperti sangat penuh dengan pikiran2 “Besok kamu akan mati” “Sebentar lagi kamu akan mati” “Mati lu mati lu!” “Umur mu cuma tinggal 40 hari, bersiap-siaplah!” Itu yg selalu sy rasakan Kak.. dan ini benar-benar menyiksa saya. Jd awalnya gini, adiknya nenek saya (Nyai) meninggal, jd sy kan malamnya ikut ke kuburan buat ngubur, nah pulang dri sana sy sakit, badan menggigil, rasanya dingin smpe ketulang, lemas selama seminggu, nafsu makan hilang dan muncullah pikiran2 negatif ini, bahwa sy akan mati, bahwa sy akan segera mati, bahwa umur sy pasti sudah tidak lama lg, bahwa sy tidak bisa lg menikmati hidup kedepannya, bahwa sy hanya tinggal menunggu detik2 Allah memanggil sy, sy yg tadinya bukan seorang yg penakutpun selama sakit itu selalu ketakutan, seperti siang hari sy selalu mencari sodara utk menemani sy, tidak nyaman berada dirumah sendirian dan sulit tidur. Setelah hampir 10 hari, saking ga kuatnya sy cerita ke Mama sambil nangis, dan Mama ceritain masalah sy ke Uwa, karena Uwa alhamdulillah termasuk org yg taat beragama, beliau bisa dibilang ulama lah ditempat sy jd sy diajak ngobrol baik2, disitu sy curhat semuanya.. setelah curhat Uwa mnyarankan sy buat ketempat temannya buat minta air doa dan minta didoakan, sy nurut aja, ternyata kata teman si Uwa sy ini dikintili makhluk halus dri kuburan, dia ngikutin sy smpe kerumah dan ngikutin sy kemana-mana. Setelah di doakan, setan itu diusir, dan sy dikasih air doa, alhamdulillah sy sembuh dri sakit, sy kembali segar, tapi rasa takut saya akan mati itulah yg belum bisa hilang hingga detik ini. Tolong beri sy motivasi kak, kasus kita kan mirip, sama2 mengidap ketakutan pd kematian dgn sangat tidak wajar, jd sy ini harus bagaimana? Selain rutin berdoa dan lebih giat beribadah. Terima kasih kak, maaf lho ini cerita sy panjaaaang hehe.. namanya org lg usaha nyari obat buat sembuh ya kan

  8. ndak masalah lah walaupun panjang. maaf kalau bru bales, di dunia nyata sedang sibuk sekali. Jadi begini, sebenarnya banyak kok hal hal yang bisa dilakukan, diluar beribadah dan berdoa’a tentunya. Kalau dulu yang saya lakukan, karena saya tidak cerita kepada siapapun, sebelum saya mengenal grup Anxiety di media sosial, curhat saya ya sama Yang Maha Kuasa. Berdo’a sampai benar2 lega. Lepas dari itu, saya mencoba mengalihkan perhatian ke hal hal positif yang dulu saya sukai. Awalnya lho ya, awalnya, bisa sangat sangat sulit. Tapi dicoba saja terus. Selain itu bisa curhat kepada orang2 yang bisa kamu percaya, sehingga bisa jadi agak sedikit lega setelah curhat itu. Intinya, untuk awalnya, usahakan untuk tidak berhubungan dengan apapun yang berhubungan yang namanya kematian. entah itu film, gambar, bahkan kata2 sekalipun. Nanti kalau sduah tenang, baru bisa dilakukan penanggulangan. Atau kalau mw cepat, bisa mencoba hypnoterapi. Menurut kebanyakn orang dengan kasus seperti ini, hypnoterapi sangat2 membantu sekali. Hehe. Bagaimana..??
    🙂

  9. mas, saya sedang tanatophobia hampir 3 bln ini tepatnya sebelum idul fitri kemarin, tiba2 saya merasa sangat sedih ramadhan usai, takut tidak bertemu dgn ramadhan thn depan. setelah itu kebetulan saya membaca artikel di internet ttg tanda kematian, dan muncul lah perasaan gelisah seolah2 semua tanda kurasakan dan setiap hal yg kulakukan terhubung dgn kematian. puncaknya pd hari kamis lalu pas aku iseng menyentuh langit mulut tidak terasa geli, aku benar2 stress memikirkannya. apakah benar artikel yg berkata bahwa 7hari sblm mati, langit mulut jika disentuh tidak terasa geli lagi. aku benar2 takut, aku menghitung2 hari kematianku sendiri. semua org yg kuceritakan ttg ketakutanku malah menganggapku terlalu mengada2, aku sedih, bagaimana jika aku benar2 mati?
    apakah org yg akan mati sadar akan hari kematiaannya yg sudah dekat? apa mereka tau waktu dia akan mati?
    aku benar2 takut, sampai semua yg kulakukan dan yg kulihat seperti mengingatkanku pada kematian. apakah yg kurasakan benar2 tanda bahwa aku akan mati, atau aku mengalami tanatophobia?

    1. Sebelumnya maaf baru sempat balas ya Mbak Rara. Jadi gini, seseorang bisa dikatakan mengidap Thanatophobia apabila dia takkut terhadap segala hal yg berbau bau tentang kemartian. Contoh, seseorang akan terserang panick Attack karena saking cemasnya ketika melewati areal pemakaman.Begitupun dengan perasaan takut diri sendiri yang akan mati. ya seperti kita ini contohnya.Nah, mengenai tanda tanda kematian, bahkan Rosululloh pun tidak tahu ajalnya sendiri kapan akan datang. Jadi saran saya, artikel seperi itu jangan dibaca. Karena itu hanya akan menambah rasa cemas saja. Dan akhirmya malah akan mensugesti sendiri, menjudge diri sendiri akan mati. Padahal belum tentu. Iya kan? Mati hanya Alloh yg tahu. Titik. tidak ada satupun manusia yg akan tahu. Nah, jadi, tetap berfikir positif saja. Lakukan hal hal yang menyenangkan untuk menghibur diri. Untuk sementara jangan browsing hal2 tentang mati dulu di Internet. dan satu lagi, dzikir bisa jadi salah satu obat paling manjur. Terima Kasih.

    2. Mba rara apa masih menderita thanatophobia atau udh sembuh??
      Please bls mba aku lg ngalamin sama persis sprti mba rara skrh

  10. Aku juga sama mas,dan susahnya lagi skarang aku bkerja di taiwan,aku keserang pnyakit takut mati udah 7 bulan mas,awalnya ad tmen brgktku kesini meninggal,dari situlaahh awal pnyakit ini muncul mas,minta supprtnya mas,aku tersiksa skali,klo ad yg mau ber bagi ini pin ku 5640F843 ,tolong biar kita bisa share,

    1. begini mas Ari, sebenarnya dimana saja selalu ada solusi kok. Coba perlahan lahan mas atur itu fikiran2 negatif yang muncul saat rasa takut datang. caranya? kalau tidak takut ramai, mas bisa mencoba jalan2 ketempat ramai yang disenangi. Atau intinya, lakukan hal yang disenangi. Baik juga lakukan relaksasi dengan mengatur pernafasan. Fikirkan hal hal yg positif aja. Ingat bahwasanya, umur sudah ada yang mengatur. Jangan ragu untuk Share kepada siapapun yang benarbenar anda percaya. dan Mndekatkan diri kepada Tuhan juga sangat ampuh untuk menanggulangi ini. Nah gimana? apa saran sya sudah masuk? atau Mas Ari bisa masuk ke kgrup Anxiety Dissorder dan Panick attack Indonesia di facebook, disana banyak saudarasaudara seperjuangan yang akan memberi banyak dukungan kepada kita. Terima Kasih.

  11. ini persis sama apa yang aku rasa,bagaimana cara menyembuhkan dan menghilangkan fikiran negatif itu yah mas?tolong solusinya mas☺ teman teman yg lain udah pada sembuh?

    1. Maaf sebelumnya, karena terlalu sibuk di dunia nyata bro Tegar, baru bisa balas surat anda. Cara menghilangkan fikiran negatif banyak kok. Salah satunya yaitu dengan lebih menanamkan mindset bahwa anda baik2 saja. Katakan pada diri anda bahwa anda baik baik saja. Bayangkan hal hal yang menyenangkan. Lakukan hobi yang paing sangat disenangi. Itu akan sangat membantu. Alhamdulillah, teman teman sekrang sudah jauh lebih mudah mengontrol ini. Terima Kasih.

      1. Mz saya jga ketakutan dengan kematian Uda lama sekitar 4 tahun nan,apa saya ucapkan selalu saya kaitkan dengan kematian ,dan saya sering bicara sendiri dalam hati mz ,gimana ya cara hilangin nya mz

  12. Sy mau tny mass.. cara paling efektif untuk menyembuhkan thanatophobia itu apa y?? Sblmnya sy sdh hmpir 2 thn mengidap tsb.. apa sejak dl mas nulis artikel smp skr msh blm smbuh?

    Rasa takut sy ini biasanya sering kmbuh klo ada kerabat ato org yg sy kenal meninggal.. trus sy jg kdg wkt d jln tiba2 liat kanan kiri slalu kbnykan liat kuburan.. mohon info untuk pertnyaan sy.. thx sblmnya

    1. Mas Angga bisa pke cara hipnoterapi. Itu bisa dan InshaAllah efektif mas. Tapi sebenarnya, cara paling efektif sebenarnya adalah dari diri sendiri. Dekatkan diri pada sang pencipta, pasrah dan berdoa saja. Sangat sulit awalnya, tapi kelamaan pun akan mudah mengontrolnya. Saya dulu sejak masih SD sudah kena penyakit mental ini Mas. Oiya, curhat kepada orang yang anda percaya, bisa sedikit membantu…

      1. Sy trkena dl juga wktu SD mas tp kemudian smbuh dan br kmbuh lg 2 thn yg lalu itu..
        Apa mas prnh cb itu hypnoterapi? Dan kenapa juga wkt sy takut itu kok sy merasa akan mati?? Mgkn bisa d beri sdkt pencerahan.. thx

        1. say ndak pernah pke hipnoterapi. Tapi menerapi diri sendiri. mencoba banyak sekali terapi. sedikit banyak lumayan lah…
          Ya memang sudah ciricirinya mas, saya sendiri juga tidak tahu..hehehe..

  13. saya pengen curhat juga mas. saya baru sebulan ini kena anxiety. saya selalu berpikiran aneh2 jantung deg2an, badan gemeteran, kaki dingin, saya selalu takut cemas. apalagi setelah saya baca tanda2 “ituu” saya semakin takut kalo menjelang ashar atau selepas ashar. saya takut kalo tiba2 badan gemeteran, atau saya selalu megangin daerah pusar takut2 kalo berdenyut. atau takut kalo tiba2 saya linglung. pokoknya saya selalu cemas mas. disekolah gak semangat. selalu mikir aneh2. saya sedikit tenang kalo udh bercanda sm temen atau melihat video lucu tapi itu cuma sesaat setelah itu mikir aneh2 lagi. bisa kasih solusi gimana ngatasinya?

  14. Om saya anak sma, saya mau tanya, waktu itu saya lagi sakit maag, dan saya gabisa keluar rumah, saya jadi kepikiran karena posisi pacar saya disekolah dan kehujanan, dan saya selalu berfikir “diakan anaknya manja gimana ya kalau dia mati kasian banget” sebelumnya saya memang suka melakukan “aneh2″dengan pacar saya, saya makin kepikiran “kasian ya nanti dia disiksa” semakin saya perdalam soal itu, saya jadi terpikir begini juga “kalau saya yang mati bagaimana? Saya masih banyak dosa” disitulah awal ketakuttan saya dimulai, saya benarbenar takut, tiap abis ashar saya selalu tidak nyaman, merasa engap lah atau apapun itu, saya suka browsing diinternet soal2 tanda2 kematian, saya makin down dan makin parah, kemarin2 sih sudah agak mendingan tapi sekarang terjangkit lagi, kalau dalam tanggapan om apakah ketakuttan ini terjadi karena pikiran saya, atau ajal saya sudah dekat om? Bantu saya ya om saya sudah 6bulab begini

    1. murni karena fikiran negatif kamu. Bukan karena ajal udah dekat. Penyakit lambung, itu bisa memicu kecemasan berlebih. Kecemasan berlebih hanya akan membuat fikiran negatif semakin menjadi. Jadi, atur pola makan agar lambung tetap sehat. Luangkan waktu untuk rileks setiap harinya. buang jauh2 pikiran negatif. Oke.??

    1. sebetulnya banyak solusi mbak, tapi hilangnya akan bertahap, tidak bisa langsung hilang secara cepat. say sendiri butuh 2 tahun lebih untuk sekedar bisa mengontrol.

      1. Tlong dnk solusi nya mas gimna cara nya agar sya bisa menangani nya sya merasa kn akn ke takutan2 itu apa ajal sya sdh deket ato gimna Tlong batuan nya dn solusi nya

        1. bukan bukan…itu bukan karena ajal udah dekat mas..solusi ter tepat adalah dengan menumbuhkan kembali kepercayaan diri mas. Banyak caranya. Intinya, lakukan hal yang menurut anda menyenangkan, atau menenangkan. itu Intinya mas.

  15. Itu Sma yg Saya rasa kn saat nie mas Saya sdh seminggu selama Saya sakit lambung rasa rasa ketakutan Itu muncul kadang Saya berfikir bahwa usia Saya tda akn lama lg tp setelah Saya aja ngobrol Dn tda ingin memikir kn nya ahir nya saya aga tenang tp masih merasa akn ke takutan ke takutan Itu tp Saya tetap melawan rasa Itu tlong batuan nya mas bagay mna cara menghilang kn nya

    1. maaf ya mbak, baru bisa balas komentar, sibuk sekali di dunia nyata. Jadi begini, yang mbak lakukan dengan melawan rasa takut itu sudah tepat sebenarnya.

      Cuma, ada baiknya mbak meluangkan waktu untuk merilekskan duklu pikiran mbak. Contoh, rasa cemas bila dibiarkan atau diikuti, tentu bakal akan semakin dalam arah fikiranya. seperti awalnya tangan berkedut, nah, mbak buka internet ada artikel yang bilang bahwa itu gejala stroke..!! nah, timbulah rasa cemas yang berlebihan, hingga akhirnya ketakutan setengah mati.

      Nah, dengan mencoba merilekskan pikiran, fikiran2 negatif itu akan tersingkir dengan sendirinya, sebelum fikiran2 negatif berjalan terlalu dalam dan menimbulkan serangan panik. Kepanjangan ini, ruwet ya? jadi intinya rileksin pikiran banyak caranya, atur nafas bisa, dengan dzikir bisa, lakukan hal2 yang menurut anda menyenangkan bisa. Ya menurut enaknya Mbak aja.

      Semoga bisa membantu ya Mbak.

  16. saya jga merasa begitu mas,tpi padahal umur saya masih 17thn kenapa harus ngerasain hal ini 😦 saya rasa saya kena thanaphobia juga tpi bahkan yg saya rasain ini lebih parah dah kayanya, awal mulanya saya takut akan waktu yg gak bisa berhenti dan pada saat itu saya merasakana Panick Attack, sebetulnya ini Panick Attack yang kedua sih, karena saya rasa Panick Attack yg pertama itu adalah penyebab dari semua Panick Attack yg saya rasain selama ini, saya sudah merasakannya selama hampir 9bln, nah gini kali pertama saya merasakanm Panick Attack itu adalah waktu itu saya habis pulang sekolah sama teman” saya, waktu itu saya main ke rumah teman saya, kala itu teman” saya beli Gorilla (narkoba sejenis ganja gitu) tpi waktu itu saya gak mau nerima nya, saya udah nolak keras, emang sebelumnya saya terkadang suka mabok, tpi tidak separah yg dibayangkan, saya mabok hanya sekedar seneng” sama temen” tpi hanya dengan kadar yg bisa saya bilang sedikit, tpi waktu saya dirumah teman saya, saya udah berusaha nolak sekeras mungkin, tpi bukan karena dipaksa atau diancam, saya menerimanya karena saya merasa tidak enak dengan teman” saya (masa yg lain make gw enggak sih) adalah ya saat ini saya sadar kalo itu pemikiran bodoh yg saya pikirkan pada saat itu yg membuat saya mencobanya. tpi pas habis make barang itu, saya dikasih takaran yg lebih dari teman” saya, dan pas saat itu saya benar benar benar takut akan kematian, serangan panik (Panick Attack) yang amat besar menyerang saya. nah keesok”an harinya saya normal kembali. nah saya rasa karena saya udah mencoba barang itu jadinya saya mengalami Panick Attack secara sadar/tanpa alkohol atau barang lainnya yg membuat mabok, waktu itu saya tiba” takut akan kejadian yg berlalu/waktu yg tak bisa berhenti, setelah saya searching katanya itu adalah Mnemophobia, tpi klo Mnemophobia tkut akan kenangan, kalau yg saya rasakan adalah takut akan waktu/detik yg gak bisa berhenti, bagi saya itu benar” amat mengerikan ketika saya sedang mengalaminya dan Panick Attack benar” menyerang saya dan seketika badan saya amat sangat lemas tpi perlahan itu hilang. dan Panick Attack yg saya rasakan ke-3 kalinya itu mungkin bisa dibilang lebih parah,saat itu rasa takut akan waktu/detik yg gak bisa berhenti ditmbah tiba” saya merasa takut yg benar” amat takut akan kematian, tpi bukan takut merasa akan segera mati, tpi takut hal apa atau dunia apa yg saya rasakan setelah kematian, waktu itu saya berfikir kalau setelah mati itu manusia akan lenyap atau benar” hilang,saya membayangi kalau setelah kematian tidak ada yg namanya akhirat, Panick Attack benar” menyerang saya waktu itu, malahan terkadang saya pernah berfikir hal yg sangat amat KONYOL, terkadang saya berfikir “kenapa saya hanya bisa merasakan tubuh saya ? apakah ini hanya ujian dari Allah? apakah di alam semesta ini hanya saya yg hidup dan kalian semua(manusia selain saya) adalah malaikat” Allah?” terdengar konyol kan tpi memang itu yg benar” saya rasakan,dan Allhamdulillah saya rasa saya menemukan cara yg bisa menghilangkan Panick Attack ini,mungkin memang cara ini tidak bisa menyembuhkan secara permanen, tpi setidaknya mungkin bisa menghilangkan Panick Attacknya. kalau saya sedang merasakan Panick Attack, yg saya lakukan adalah coba memikirkan hal lain,tpi dengan memikirkan hal lain saja itu tidak cukup, coba dengan bertindak konyol seperti berteriak atau ngomong” yg gak jelas gitu dah, dan kalo ada saudara/teman coba ajak berkomunikasi atau berbincang hal apa saja Insya Allah itu bisa menghilangkan Panick Attack yg lgi dirasakan. saya juga bingung kenapa umur 17an begini udah ngerasain hal kek gitu 😦

  17. saya jga merasa begitu mas,tpi padahal umur saya masih 17thn kenapa harus ngerasain hal ini 😦 saya rasa saya kena thanaphobia juga tpi bahkan yg saya rasain ini lebih parah dah kayanya, awal mulanya saya takut akan waktu yg gak bisa berhenti dan pada saat itu saya merasakana Panick Attack, sebetulnya ini Panick Attack yang kedua sih, karena saya rasa Panick Attack yg pertama itu adalah penyebab dari semua Panick Attack yg saya rasain selama ini, saya sudah merasakannya selama hampir 9bln, nah gini kali pertama saya merasakanm Panick Attack itu adalah waktu itu saya habis pulang sekolah sama teman” saya, waktu itu saya main ke rumah teman saya, kala itu teman” saya beli Gorilla (narkoba sejenis ganja gitu) tpi waktu itu saya gak mau nerima nya, saya udah nolak keras, emang sebelumnya saya terkadang suka mabok, tpi tidak separah yg dibayangkan, saya mabok hanya sekedar seneng” sama temen” tpi hanya dengan kadar yg bisa saya bilang sedikit, tpi waktu saya dirumah teman saya, saya udah berusaha nolak sekeras mungkin, tpi bukan karena dipaksa atau diancam, saya menerimanya karena saya merasa tidak enak dengan teman” saya (masa yg lain make gw enggak sih) adalah ya saat ini saya sadar kalo itu pemikiran bodoh yg saya pikirkan pada saat itu yg membuat saya mencobanya. tpi pas habis make barang itu, saya dikasih takaran yg lebih dari teman” saya, dan pas saat itu saya benar benar benar takut akan kematian, serangan panik (Panick Attack) yang amat besar menyerang saya. nah keesok”an harinya saya normal kembali. nah saya rasa karena saya udah mencoba barang itu jadinya saya mengalami Panick Attack secara sadar/tanpa alkohol atau barang lainnya yg membuat mabok, waktu itu saya tiba” takut akan kejadian yg berlalu/waktu yg tak bisa berhenti, setelah saya searching katanya itu adalah Mnemophobia, tpi klo Mnemophobia tkut akan kenangan, kalau yg saya rasakan adalah takut akan waktu/detik yg gak bisa berhenti, bagi saya itu benar” amat mengerikan ketika saya sedang mengalaminya dan Panick Attack benar” menyerang saya dan seketika badan saya amat sangat lemas tpi perlahan itu hilang. dan Panick Attack yg saya rasakan ke-3 kalinya itu mungkin bisa dibilang lebih parah,saat itu rasa takut akan waktu/detik yg gak bisa berhenti ditmbah tiba” saya merasa takut yg benar” amat takut akan kematian, tpi bukan takut merasa akan segera mati, tpi takut hal apa atau dunia apa yg saya rasakan setelah kematian, waktu itu saya berfikir kalau setelah mati itu manusia akan lenyap atau benar” hilang,saya membayangi kalau setelah kematian tidak ada yg namanya akhirat, Panick Attack benar” menyerang saya waktu itu, malahan terkadang saya pernah berfikir hal yg sangat amat KONYOL, terkadang saya berfikir “kenapa saya hanya bisa merasakan tubuh saya ? apakah ini hanya ujian dari Allah? apakah di alam semesta ini hanya saya yg hidup dan kalian semua(manusia selain saya) adalah malaikat” Allah?” terdengar konyol kan tpi memang itu yg benar” saya rasakan,dan Allhamdulillah saya rasa saya menemukan cara yg bisa menghilangkan Panick Attack ini,mungkin memang cara ini tidak bisa menyembuhkan secara permanen, tpi setidaknya mungkin bisa menghilangkan Panick Attacknya. kalau saya sedang merasakan Panick Attack, yg saya lakukan adalah coba memikirkan hal lain,tpi dengan memikirkan hal lain saja itu tidak cukup, coba dengan bertindak konyol seperti berteriak atau ngomong” yg gak jelas gitu dah, dan kalo ada saudara/teman coba ajak berkomunikasi atau berbincang hal apa saja Insya Allah itu bisa menghilangkan Panick Attack yg lgi dirasakan. saya juga bingung kenapa umur 17an begini udah ngerasain hal kek gitu 😦 😦

  18. saya pun ada rasa begini.. umur saya 18. saya mula rasa begini masa saya kena admit ke hospital pada hujung januari.. saya rasa takut dan selalu rasa ajal saya sudah mahu sampai.. bila nak buat benda baik pon rasa takut kerana fikir sudah hendak mati.. kaki saya pon selalu sejuk walaupun cuaca panas.. telinga pun selalu berdesing. Didalam kepala selalu ada suara mengatakan saya akan pergi.. Bila aaya jumpa keluarga dan saudara mara saya rasa seronok tetapi saya akan terfikir dapat kah saya jumpa mereka lagi.. macam mana nak hilangkan rasa ini?

    1. Apa sekarang masih menderita thanatophobia ?
      Sekarang aku lg ngerasain hal takut akan kematian seakan2 saya merasa ajal sudah dekat
      Saya slalu cemas gelisah kepala pusing kaki lemas .
      Apakah saya benar2 akan segera …..

      1. Sekarang masih rasa begitu tetapi kurang sedikit.. Apabila dengar berita kematian saya terus jadi berdebar gelisah dan takut.

  19. Aku sudah 4 bulan ini punya perasaan akan meninggal mas aldo, aku merasa ajal ku sudah dekat, setiap hari kalau mau liburan selalu gak bisa tenang, apalagi bentar lagi aku udah mau nikah, aku sangat” takut mas aldo, kadang” perasaan itu hilang, tapi kembali lagi mas, aku mau cerita ke ibuku tapi aku takut. Bales dong mas lagi butuh jawaban. Atau invit pin ku 323a2072

    1. Mba susi lebih baik ceritakan saja yg mbak alami ke ibu atau org terdekatnya mba. Kan bisa di beri motivasi atau masukan masukan mba’. Semoga lancar nikahannya. InsyaAllah itu hanya perasaan takut berlebihan bukan firasat mau mati mbaa’.

  20. Halo mas .. kurang lebih 3 tahun sy menderita fobia ini. Saya malah berfikir kena sakit jantung di umur sy yg msh 21tahun. Tp saya tidak berani periksa kedokter.
    Dada saya sesak jika memdengr kabar kematian saja.. tangan gemetar, kaki dingin, tdk enak badan, kurang nafsu makan.

    Tp selebihnya kehidupan saya normal.. asal tdk mendengar kabar kematian

    Mohon solusi mas. Apakah sy periksa kedokter sj krn sy merasa punya kelainan jantung. Mungkin..
    Tp semogaaa hanya prasangka burukku..

    1. Jika mbak merasa baik dengn periksa ke dokter, sebaiknya periksa saja, sebab dengan itu, hati akan merasa tenang. benar bukan? solusinya mudah, tapi tidak gampang, yaitu selalu berfikir positif saja. ok?

  21. Assalamu’alaikum pak.saya juga lagi mengalami sperti itu pak.udah hampir 3 tahun.awalnya cuma gara” liat kecelakaan dan ditinggal meninggal pacar saya pak.awalnya saya sering menangis karna takut sampai” lemes sekali pak.1 tahun terakhir sudah agak mendingan pak sudah bisa kontrol diri tapi skrg kok mulai lagi ya pak jd sulit tidur lagi.keluarga dan teman saya kalo saya cerita tentang masalah ini malah tidak percaya trs menganggapnya itu lucu pak

    1. Betul pak, biasanya ketika kondisi tubuh tidak fit, rentan sekali kambuh..atau fikiran sedang stresss..lebih baik hindari stress pak, dan lakukan hal-hal yg menururt bapak positif..Semoga berhasil

  22. Mbak lia albarizah gimana kabarnya sekarang
    Saya juga sedang mengalamii hal yang sama sampai dada sesak sekali rasanya mana anak masi kecil sedih sekalii rasanya …
    Ya Allah ya rabb panjangkan umur kami …
    Amiiiiin

  23. assalamualaikum… saya juga merasakan seperti ini, awalnya karena om saya meninggal tetapi saya tidak melayat saya jadi mulai berfikir “kalo aku meninggal gimana ya” semenjak itu saya jadi gelisah cemas dan takut sendiri. setiap malam selalu terbangun antara jam 1-3, awalnya saya bisa tidur kembali namun sudah 2 hari ini saya jadi tidak bisa tidur lagi kalau sudah terbangun. biasanya saya tidur jam 9 lalu bangun kembali jam setengah 1 dan tidak bisa tidur lagi, dan ditemani dengan rasa deg2an kencang dan ada nyeri di dada serta gelisah, saya ingin tidur kembali tetapi hati tidak tenang takut besok saya tidak bisa bangun lagi. saat awal saya merasa seperti ada yang mengikuti saya. saya juga mual ingin muntah dan badan tidak enak dan tidak napsu makan serta berat badan turun. saya sholat wajib biasa tetapi hati belum tenang, tapi saat saya selesai sholat lalu membaca2 doa saya jadi lebih tenang tapi saat saya membaca doa dada saya nyeri dan badan belakang saya tidak enak sekali. saya kalau dirumah tidak bisa tidur mas dan hati selalu gelisah, tapi kalau diluar sekolah saya malah ngantuk dan tenang. tolong bantuannya mas

  24. saya udah 2tahun menderita ketakutan akan kematian…udah ke pskiater tp tak kunjung sembuh…sekarang lagi kambuh…aku takut sekali..dulu pernah sebulan sembuh trus balik lagi…ngk bisa tidur..ngk konsen bekerja…mungkin fikiran lg stres

  25. Saya sudah 1bulan mengalami hal serupa .. Saya merasa hidup saya ga lama lagi apalagi kalo pacar saya bilang 2bln lgi kita ktmu dalam hati saya pernah berkata hidup saya ga akan sampai ke 2bulan lagi.. Tolong saya perasaan itu selalu muncul tiba2 biasanya menjelang malam sampai mau tidur tapi sekarang tambah parah pagi pun perasaan itu sering muncul

  26. Saya juga merasakan hal yg sama seperti pengalaman yg sdah diceritakan teman² sebelumnya. Saya merasakan hal tsb sdah 2hari awalnya karna saya mndengar suara burung sperti gagak pda wktu stelah magrib, saya trauma karna dulu pernah ada hal semacam itu trjadi dan tetangga saya meninggal dg umur yg msih muda. Saya trauma dg kejadian dan berfikir bahwa saya akan meninggal karna umur saya juga masih muda. Selalu sperti ada bisikan klau saya akan mati dan itu mmbuat saya tidak nyaman selalu cemas, takut, saya juga sempat berfikir kalau dbiarkan saya akan gila. Lalu saya membaca artikel ini dan ternyata bnyak yg merasakan hal yg sama dg saya, tp apakah yg saya alami ini bisa dikatakan dg thanatophobia?

  27. Ass mas .. Sudah hampir 17 hari ini Saya juga merasakan seperti yg tmn2 ceritakan ,saya selalu berfikir atau merasa bahwa besok saya akan meninggal hidup saya tdk akan lama lagi.. Nah klo sudah berfikiran besok mau meninggal tiba2 kaki saya terasa dingin , nafas terasa pendek, pusar terasa berdenyut, jantung berdebar lencang, dada nyeri perasaan tdk tenang pkonya udh gk ada harapan deh , seperti kematian itu terlihat oleh mata saya sendiri . dan klo udh sperti itu saya langsung nangis tkut ninggalin anak saya yg masih keecil dn ibu saya ..
    Setiap hari selalu saja seperti itu mas ..
    Awal mula saya jdi seperti ini saya mimpu meninggal lalu cara browsing di internet tanda2 kematian ,saya pun membaca nya dan ternyata d dlm artikel itu ada tanda2 yg saya rasakan seperti 40 hari lgi sya mau meninggal diwaktu ashar pusar saya berdenyut kencang, badan dingin dn gemetar pko nya gk tenang deh ,, apakah mas merasa seperti ituu ?? Dn apakan benar2 saya akan meninggal akan datang ajal yg sudah dekat jika saya merasa kematian sdh dekat atau besok ?? Tlong bantu saya mas saya tidak tenang klo sdh berfikiran sperti itu apalagi krna sya masih pnya anak bru 1 thn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s