Psikosomatis dan Anxietas.

Ada beberapa orang yang masih bingung dengan ANxietas, dan psikosomatis. Dalam kesempatan kali ini akan ADB coba bahas dua kata itu, tentunya dengan keterbatasan pengetahuan ADB, dan cari cari sedikit materi di mbah google ya. ADB kan cuma manusia biasa.Hahaha. Okeh lanjut ya brosis..

Seperti anda semua ketahui, Anxietas atau Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan yang berlebihan, dan lebih bersifat subyektif. Dan Anxietas ini banyak jenisnya. Ambilah salah satu contoh, phobia. Atau Obsesif compulsif. Nah, jika muncul, baik phobia atau obsesif compulsif ini akan memunculkan kondisi panik yang tidak dapat kita kontrol. Kondisi yang tidak dapat kita kontrol ini lah yg dapat memunculkan kondisi Psikosomatis. CMIIW.

Gangguan Psikosomatis ini brosis, tidak akan bisa lepas dari yang namanya stress. Banyak bukan dalam kehidupan kita berbagai macam hal yang membuat kita stres, ambilah contoh soal cinta. Wow..hahaha, terkadang cinta pun membuat kita bisa menjadi galau dan sangat stress bukan? atau pekerjaan, terkadang hidup kita justru kita habiskan pada tempat kerja. Bukan dirumah dimana seharusnya kita berkumpul bersama keluarga dan melepas penat. Atau stres psikis dimana kita merasa pemalu, rendah diri, merasa berdosa dll.

Nah brosis sekalian, sekedar tahu bahwa tubuh kita bereaksi dalm tiga fase dalam menghadapi stres. Fase 1, adalah reaksi peringatan, dimana tubuh bisa mengatasi stress dengan baik. Selanjutnya Reaksi pertahanan, dimana reaksi tubuh terhadap stress sudah diluar kemampuan tubuh itu sendiri. Dan yang terakhir adalah reaksi kelelahan, dimana dalam fase ini, gejala psikosomatis sudah jelas. Gimana brosis..?? kalau kita mau sembuh dari anxietas, kayaknya kita mesti mengelola stress dengan bijak nih. Wuss, dengan bijak katanya. Benar, stress selain bisa meningkatkan asam lambung, maag, juga akan meningkatkan gejala anxietas anda.

Namun bukan hanya Anxietas saja nih yang ternyata bisa membuat kita terkena gangguan psikosomatis brosis,  menurut drliza.wordpress.com bahwa dispepsia fungsional, hipertensi esensial, asma bronkiale, depresi, dan nyeri psikogenik. ADB belum pernah dengar penyakit ini sebelumnya. Maka dilain waktu akan kita bahas ini. Yah walupun singkat saja karena yang ADB tulis disini adalah tentang Anxiety Disorder dan Motor saja kan..?? hehehe.

Berikut beberapa cara mengelola stress brosis :

1. Olah Raga. Hmm ngaku hayo.sapa yang gak pernah olah raga? Olah raga lari selama 30 menit di pagi hari cukup kok untuk membuat anda fresh dan segar brosis. Namun anda juga bisa melakukan olah raga lain yang menurut anda sangat menyenangkan. Luangkanlah waktu setengah jam saja dalam sehari, itu akan sangat bermanfaat untuk anda. ADB sudah menjalankan lho. 🙂

2. Rekreasi. Nah, wujud rekreasi bisa saja bepergian ke tempat wisata, atau ke gunung, atau kemanapun anda suka. Kalau ADB sih, cukup riding keliling kota dipagi hari setelah berlari pagi, lumayan segar.

3. Kasih sayang. Bagi orang tua, ingatlah kalau anak anda juga bisa stres. Berilah kasih sayang anda dengan sepenuhnya. Begitupun dengan sepasang orang dewasa, atau antara suami kepada istri atau sebaliknya, antara orang dewasa dengan orang tuanya, atau dengan mertuanya. Weleh, opo toh kok mbulet ae.

4. Hindari Rokok.
5. Silaturahmi.
6. Tidur yang cukup. Ini pentng brosis. Setelah seharian bergumul dengan kehidupan yang keras dengan bekerja, malamnya berkumpul dengan keluarga melepas penat, maka tidur 7 jam dimalam hari akan mengembalikan kesegaran tubuh anda.

7. Makan yang teratur. INGAT..!! dengan GIZI yang seimbang tentunya. Gak perlu mahal kok. Banyak kok makanan seimbang gizi dan murah.

8.Pengelolaan waktu yang baik.
9. Agama. Apapun agama anda, taatlah beribadah. Rutinlah Berdoa. Agar hati kita menjadi tenang dan lebih mantab dalam menjalani hidup.

Begitulah brosis, apa yang dapat ADB tuliskan. Wuih,,seharian ngetik ini gak selesai selesai. MBulet ae. Hahaha. At last, semoga bermanfaat, dan cepat bisa dengan mudah menguasai diri saat anxiety kambuh, dan cepat juga sembuh. (ADB)

 

Iklan

4 thoughts on “Psikosomatis dan Anxietas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s