Olah Raga ditengah Kambuhnya Anxiety Dissorder

Ada sebuah pertanyaan mampir ke tempat ADB bersemedi. Hahaha…semedi..??? enggak. Kamar maksudnya. Ah ADB, baru aja bikin artikel Anxiety Disorder, eh udah ndagel gak jelas gitu. Udah lama lho kmu gak bikin artikel tentang si Cantik ini. Hahaha. Iya maaf-maaf.

Jadi gini nih, sebuah pertanyaan melayang ke wajah ADB, dengan nada agak gimana gitu..hehe. ” GImana bisa kita olah raga, saat kita sedang down-downya karena Anxiety Kambuh? ” jawab ADB, HARUS BISA..!!!
Kenapa harus bisa? karena OLAHRAGA baik untuk anda yang sehat, bagus untuk kita yang sudah menderita Anxiety Disorder. Lhoh? tapi kan saat Anxiety atau Serangan Panik kambuh, kita dalam keadaan down, lemas, pusing, dan dengan segala keluhan lain, bagaimana bisa kita olahraga sedangkan olahraga butuh tenaga ekstra.?? itu hanyalah prasangka anda.

Saat dulu ADB masih sering-seringnya kambuh, sama seperti brosis sekalian yang merasa tidak punya energi untuk berolahraga, akhirnya anda tidak  berolahraga, merasa diri anda lemas, dan tidak berdaya, maka fikiran anda hanya akan terpaku bahwa anda tidak mampu berolahraga. Karena anda berfikir anda tidak mampu berolahraga, selanjutnya fikiran anda akan menyatakan bahwa tubuh anda sudah tidak berdaya. Dan fikiran tentang sakit parah ini atau itu atau dll, jadilah anda semakin terpuruk dalam lingkaran sesat Anxiety Disorder. Terus caranya gimana biar bisa olahraga?

PAKSA brosis..!!! Anxiety kambuh biasanya seluruh tubuh kesemutan, jantung berdebar kencang, dan ada nyeri. Perut rasanya penuh, perasaan ingin mati, dll. Saat kambuh. Nah, karena saat kambuh denyut jantung berdetak sangat kencang, jangan langsung olahraga yang berat dulu. Mulai dengan yang ringan saja, JALAN KAKI. Itu cukup. Udara yang fresh dipagi hari, dirasakan dengan jalan kaki, lalu sengatan hangat matahari pagi, itu akan membuat fikiran anda mulai melupakan Anxiety ini. Lakukan jalan kaki ini minimal setengah jam setiap pagi. Dan tentu saja usahakan untuk selalu berfikir positif. Itu untuk anda penderita yang sedang parah2nya kambuh. Nah ketika perasaan cemas berlebih ini mulai berkurang, anda bisamulai dengan lari pagi yang pelan-pelan saja.

Kenapa harus dimulai dengan jalan kaki dulu..?? sebab jantung berdetak sangat kencang ketika kambuh bukan? apa jadinya ketika anda berlari saat kambuh dengan jantung berdetak kencang..?? anda akan kekurangan oksigen, sebab paru-paru anda mempunyai kapasitas tertentu untuk menampung udara sebelum oksigen didistribusikan keseluruh tubuh. Jadi, jalan kaki adalah olahraga yang terbaik saat anda kambuh. Dan lanjutkan dengan Olahraga yang lebih berat secara BERTAHAP, sesuai dengan kemampuan anda. Dan rasakan perbedaanya Brosis, anda akan merasa lebih bugar. Atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda mengenai olahraga.

Catatan : Saat berolahraga, katakanlah pada diri anda sugesti positif, berulang-ulang. yang ADB lakukan adalah berlalri pagi setiap pagi, mengelilingi gang rumah dengan total sepanjang 25 meteran, sebanyak 25 kali, dalam setengah jam. Dan berkata ” aq tidak akan kalah oleh tubuhku sendiri”. Dan bagaimana dengan anda Brosis..?? silahkan sharing, maaf tulisanya belepotan, mbulet ngalor ngidul, ADB bukan Jurnalist, ADB hanya berbagi rasa, berbagi tips, buat anda yang menderita si Cantik Anxiety Disorder. (ADB)

Iklan

3 thoughts on “Olah Raga ditengah Kambuhnya Anxiety Dissorder

    1. karena ia baik sekali, selalu mengingatkan saya. Anxiety muncul ketika saya stress, kurang olahraga, kurang beribadah dan yang lainnya. Jadi ketika sensasinya datang, segera saya ingat dan saya segera memperbaiki diri. Terima Kasih Bro Johanis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s