Vixion dan R15 bakal jadi DOHC, harusnya dari dulu..!!

Baca berita dari Mas Mario, Next Gen Vixion dan R15 akan bermesin DOHC. Hmm…sedap sekali ini. Kapan..?? masih lama Brosis. ADB menerawang tanpa pandangan, bahwa Next NVL dan R15 DOHC akan hadir pada awal 2017 mendatang. Hahaha.Lama ya? .Dieng….inget Brosis, NVL ini masih baru Lho, baru 2012 kemaren dia lahir. R15 baru aja lahir ke Indonesia tahun Ini. Sebab lifetime sebuah motor adalah 5 tahun biasanya. Logis kalau Next gen akan lahir setelah 5 tahun berikutnya.

Lalu kenapa gak dari dulu..?? entahlah Brosis. Hanya YIMM dan Tuhan YME saja yang tahu. Hahaha. Lha wong ADB aja masih bertanya-tanya kok. Namun ada sesuatu yang menarik dari kutipan di News room Mas MarioDevan, yaitu,

Kabarnya Yamaha sedang mendevelop mesin baru 150cc DOHC yang akan dijadikan basis mesin Vixioon dan R15 terbaru, Mesin basis sama dikembangkan jadi DOHC, silinder head total baru, crank case totally modified. kubah pembakaran semi bola, mirip blue core.

Coba baca lagi yang ADB tulis tebal. Basis mesin sama. Oke, 57 x 58,7. Dijadikan DOHC. Good. udah nyambung kan? Ini DOHC overstroke Brosis. Atau bisa disebut DOHC Oversquare jugalah. BlueCore ?udah pasti. Nah, DOHC overstroke ini nih yg bikin ADB bertanya-tanya juga. Secara kebanyakan motor yang mengadopsi mesin DOHC, pasti overbore deh. Kalau SOHC yang overbore sih sudah banyak. Tapi Kalau DOHC overstroke, baru kali ini nih. Ini hanya pemikiran sederhana ADB saja lho ya. Hahaha.

Lalu desain bagaimana..?? untuk Vixion akan berbasis desain dari gen MT. Bukan lagi dari gen FZ. Yap, MT lebih terlihat jangkung. FZ lebih berisi. IMHO. R15, akan didesain menggunakan basis R125. Apa seperti ini..??R15-v4

R15v3-khayal-front

rasanya gak mungkin deh. Hahaha. a las, ini hanyalah opini blogger pinggiran. yang dikemas dalam tulisan nan amburadul. Wassalam. (ADB)

Iklan

3 thoughts on “Vixion dan R15 bakal jadi DOHC, harusnya dari dulu..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s