Tidur, tiba-tiba nafas seperti terputus…?? jangan panik dulu.

kuasai fikiran anda,bangunlah dulu, duduk dengan santai sambil menenangkan fikiran. Karena anda adalah anxieters, maka wajar jika sensasi seperti putusnya nafas membuat anda panik, seperti akan terjadi hal yang tidak anda inginkan.

ADB tekankan, menenangkan diri disaat terjadi sensasi seperti ini sangat penting, sebab selanjutnya jika anda tidak berusaha menenangkan diri anda, serangan panik akan meneror anda dalam waktu beberapa jam kedepan. Efeknya, tidur malam anda akan terganggu, dan kegiatan anda pagi harinya tidak akan berjalan lancar karena anda masih ngantuk, 😀

GERD, biasanya membuat rongga dada anda terasa panas. Bukan itu saja, karena asam lambung anda me-refluks,  kadang perasaan sesak pun mengikuti. Kadang ada pula yang merasa kliyengan. Begitu juga halnya dengan seperti terputusnya nafas anda. Itu adalah ulah asam lambung yang terefluks saat anda tidur. Lalu bagaimana ?

Ya mudah saja, makan malam tidak lebih dari 3 jam sebelum anda tidur. Gampangnya jika anda biasa tidur jam 9 malam, maka wajib hukumnya untuk anda makan jam 6 sore !!!! lalu, apalagi.?? pedas pedas sudah harus pantang anda makan. Berminyak apalagi. Dan makan jangan sampai membuat anda terlalu kenyang. Jika gejala Gerd masih ada, dan lambung anda masih terdapat asam lambung berlebih, bisa dipastikan anda akan mengalami sesak kalau kekenyangan makan. Minum pun demikian, minum air putih hangat saja, sehingga tidak ada udara yang terperangkap dalam lambung anda.

Oke, soal makanan sudah, sekarang posisi tidur. Apakah mempengaruhi..?? jelas. Ambil bantal yang agak tebal, atau anda bisa menumpuk bantal anda, supaya refluks asam lambung tidak sampai kerongkongan, yang biasanya akan menyebabkan sensasi putusnya nafas.

Sebenarnya, tidur lebih baik jika anda menghadap kanan, kenapa.?? karena jika anda tidur menghadap kekanan, posisi jantung anda akan berada diatas, dan ia akan leluasa memompa darah anda keseluruh tubuh. Lain halnya jika menghadap kiri, jantung akan berada dibawah, dan akan kesulitan memompa darah ketubuh anda yang sebagian besar berada diatas. Ingat, efek grafitasi berlaku disini.

Nah bagaimana Anxieters..??? selamat mencoba, jika ada kesalahan, ADB akan senang jika ada yang mengingatkan dan menbenarkan. Namanya Manusia, gudangnya salah toh..??? (ADB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s