Antara Cacat logika yang tidak terkontrol, penghayal, dan Anxiety Disorders, Bagian I.

Apa itu cacat logika? Dalam  dunia Gangguan Kecemasan ini, saya bisa katakan ketika anda memikirkan kondisi diri anda, dan anda kaitkan dengan hal hal yang akan terjadi, tapi itu juga menurut anda, menurut fikiran anda, menurut logika anda, dan anda mempercayainya. Anda bangun dari tidur anda dipagi hari dengan dada kiri terasa nyeri. Anda pasti memikirkannya. Apa yang menyebabkan dada kiri itu nyeri? sedangkan jantung ada dirongga dada kiri? logika anda bilang, jantung anda bermasalah.

Keesokan harinya atau beberapa hari atau beberapa minggu setelah dada kiri anda nyeri, anda membiarkanya, karena nyeri itu tidak seberapa. Oke, setelahnya ada kabar dari kerabat anda bahwa ada seorang kerabat, atau rekan, atau klien, atau siapapun, meninggal dunia dikarenakan sakit jantung. Logika anda masih normal disini. Sebagai kerabat, tentu anda akan datang ke prosesi pemakaman kerabat bukan? dan disana anda akan mendengar beberapa versi kronologi meninggalnya kerabat anda. Ada salah satu yang bilang awalnya adalah jarang olahraga. Ada yang berujar kerabat anda terlalu banyak makan yang enak enak. Ada lagi yang bilang awalnya dada kirinya nyeri.

Dirumah anda, tanpa anda sadari anda memikirkan kondisi anda. Anda pernah merasa nyeri di dada kiri, dan salah seorang teman anda mengatakan si meninggal pernah juga nyeri di dada kiri. Fikiran anda kemana mana. Logika anda mulai tidak beres disini. Bagaimana jika nanti anda bernasib sama denganya? bagaimana bila nanti anda takan terkena penyakit jantung juga? inilah hayalan dari cacatnya logika. Sama halnya dengan jika anda berfikir tentang hal yang membahagiakan, maka hayalan anda akan tiba pada angan angan yang indah, menyenangkan, dan itu akan mengalir dan muncul dengan sendirinya. (Bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s